MAKKAH - Seluruh jamaah haji dari seluruh dunia hari ini, 9 Zulhijjah, melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Pada hari wukuf ini, 3 jamaah haji asal Indonesia dilaporkan wafat. Sehingga total jamaah haji Indonesia yang wafat sudah 91 orang.

Selain itu, beberapa jamaah juga dirujuk ke Rumah Sakit Jabal Rahmah, Makkah. "Secara keseluruhan jamaah yang sudah berobat ke KKHI Arafah 35 orang. 20 Orang rawat jalan, 14 jemaah dirujuk ke Rumah Sakit Jabal Rahmah," ucap petugas Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kesehatan (Siskohatkes) di Arafah, Makkah, Minggu (11/8/2016).

Dia mengungkapkan, saat ini jamaah haji yang masih dirawat di KKHI Arafah ada 2 orang. Namun jumlah itu masih bisa berubah alias tentatif.

Sedangkan untuk jamaah yang wafat pada hari wukuf, 9 Dzilhijjah, mencapai 3 orang, dua di antaranya meninggal dunia di maktabnya masing-masing.

"Meninggal di Maktab 62 dan 24. Mereka wafat ada yang sebelum dan sesudah subuh. Untuk datanya belum (ada), tim sansur (sanitasi dan surveilance) masih mendata," ujar dia.

Dengan begitu, berdasarkan data Siskohatkes hingga Minggu pukul 06.30 waktu Saudi, jumlah jemaah wafat mencapai 91 orang. ***