Yuk Berwisata ke Hutan Kota Langsa

Yuk Berwisata ke Hutan Kota Langsa
Wisata Hutan Kota di Gampong Paya Bujok Seulemak, Langsa Baro, Aceh.
Minggu, 04 September 2016 12:20 WIB
Penulis: Yudi Purnama

LANGSA - Bagi Anda yang sedang berada di Kota Langsa, Aceh, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya. Salah satu tempat rekreasi keluarga yang terkenal di Langsa yaitu Wisata Hutan Kota.

Wisata Hutan Kota atau biasa masyarakat setempat menyebutnya Hutan Lindung, berlokasi di Jalan Perumnas, Desa Paya Bujok Seulemak, Langsa Baro. Hutan yang juga berfungsi sebagai paru-paru Kota Langsa ini, memiliki luas sekitar 10 hektare.

Di Hutan Kota tersebut terdapat sekitar 300 jenis tanaman dan puluhan binatang. Pohon damar, kayu merbau merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dilihat di sini. Bila beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan bunga bangkai yang sedang mekar. Tapi ini hanya terjadi setahun sekali, biasanya pada November atau Desember. Itupun hanya berlangsung sekitar 4 hari.

Koleksi binatangnya juga lumayan banyak. Ada buaya, rusa, ular, musang, kera, aneka jenis burung dan landak. Kegiatan yang paling digemari, terutama bagi anak anak yaitu memberi makan rusa. Cukup membeli makanannya berupa wortel yang sudah dirajang, seharga Rp2 ribu per bungkus, kita sudah bisa memberi makan rusa-rusa tersebut.

Ads

Pengunjung yang datang ke sini, tidak hanya berasal dari Kota Langsa saja. Ada juga wisatawan dari Aceh Timur, Aceh Tamiang, bahkan dari Sumatera Utara. Jika libur, pengunjung bisa mencapai 3.000 orang per harinya.

Salah seorang pengunjung, Hendrawan (45) mengatakan, sangat senang berwisata ke hutan kota ini. Ia datang bersama lima anggota keluarganya yang berasal dari Aceh Tamiang. “Udara di sini masih sejuk. Pemandangannya asri. Bisa menghilangkan stres setelah seharian bekerja,” katanya kepada GoAceh, Minggu (4/9/2016).

Lain halnya dengan Ruslan (39), penduduk Aceh Timur yang datang bersama istri dan kedua anaknya. “Saya sering kemari, sebulan ada 2-3 kali,” katanya. “Keluarga saya paling senang dengan wisata airnya, terutama anak-anak. Naik sampan sambil main air,” ujar Ruslan.

Jadi, tunggu apalagi, ayo berwisata ke Hutan Lindung Kota Langsa!

Editor:Kamal Usandi
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww