AL-KHALIL Pasukan Israel dilaporkan telah menyerbu Masjid Ibrahimi di Al-Khalil pada Jumat (2/9/2016). Kaum Yahudi juga melakukan ritual Talmud di bawah perlindungan pasukan pendudukan Israel (IOF), PIC melaporkan.

Kaum Yahudi dikabarkan telah mengintensifkan penyerbuan mereka selama dua hari terakhir ke dalam masjid karena berbarengan dengan Tahun Baru Yahudi. Kamis (31/8/2016) pagi, pasukan pendudukan Israel (IOF) memberlakukan pembatasan keamanan ketat pada gerakan Palestina di kota Al-Khalil.

Sementara itu, Dewan HAM Palestina (PHROC) memperingatkan bahwa pasukan pendudukan Israel bertujuan untuk melakukan kontrol lebih lanjut atas Masjid Ibrahimi di al-Khalil. Yahudi berupaya mengubah fitur-fitur masjid dengan dalih keamanan.

Menurut Dewan Masjid Ibrahimi (Gua para Leluhur) adalah situs sejarah, arsitektur, dan arkeologi utama Palestina. Komite Rehabilitasi al-Khalil telah membantu melestarikan situs tersebut sejak tahun 1996. Masjid Ibrahimi telah terdaftar sementara pada situs Warisan Dunia UNESCO di Palestina.***