Liputan Khusus Religi

Dayah Darussa’dah Idi Cut, Berkiprah Sejak Tahun 1969

Dayah Darussa’dah Idi Cut, Berkiprah Sejak Tahun 1969
Dayah Darussa’dah Cabang Idi Cut, di Gampong Seunubok Aceh Idi Cut, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.
Jum'at, 02 September 2016 15:01 WIB
Penulis: Ilyas Ismail

Dayah Darussa’dah Cabang Idi Cut yang terletak di Gampong Seunubok Aceh Idi Cut Kecamatan Darul Aman, 8 kilometer arah barat ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Dayah ini tercatat sebagai salah satu dayah besar di Aceh Timur. Berdiri pada tahun 1969 dan masih eksis melahirkan generasi Aceh yang memiliki pengatahuan agama dan melakukan pengkaderian untuk lahirnya ulama-ulama muda.

Dayah Darussa’dah ini awalnya didirikan oleh beberapa orang, di antaranya Tgk Abdurrahman, Tgk Bukhari, Tgk Abdul Wahab Hamid, Teuku Muhammad Daud. Sejak didirikan tahun 1969 hingga 2009 Dayah Darussa’dah Cabang Idi Cut dipimpin oleh seorang ulama kharismatik Aceh Timur, almarhum Tgk Abdul Wahab Hamid, atau sangat dikenal dengan sebutan Abu Wahab Idi Cut.

Sejak masa kepimpinan beliau, Dayah Darussa’dah ini telah banyak mencetak kader-kader ulama di Aceh Timur dan Aceh secara umum. Pada massa kepemimpinan beliau, Dayah Darussa’dah ini juga dipenuhi para santri dari seantero Aceh.

loading...
Abu Abdul Wahab Hamid merupakan pimpinan pertama Dayah Darussa'adah Idi Cut. Kala itu Abu Abdul Wahab Hamid bermukim di Gampong Matang Geutou Idi Cut. Beliau merupakan alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Beliau datang ke Idi Cut atas permintaan Tgk Muhammad Thaib, Pimpinan Dayah MTI guna membantu proses belajar mengajar di Gampong Matang Geutou Idi Cut.

Ads
Pada tahun 1968, Tgk Muhammad Thaib meninggal dunia. Karena tanah Dayah MTI tersebut milik pribadi almarhum, sehingga tanah itu pun menjadi warisan keluarga almarhum. Selang beberapa waktu, setelah meninggalnya Tgk Muhammad Thaib, Abu Abdul Wahab Hamid pindah ke Gampong Seuneubok Aceh. Sejak itu dimulailah pembangunan pondok pesantren atas pemikiran beberapa tokoh masyarakat di atas tanah seluas lebih kurang 2 hektare, wakaf dari seorang pengusaha di Kecamatan Darul Aman.

Tepatnya pada 23 April  2009, Abu Abdul Wahab Hamid berpulang ke rahmatullah. Bertepatan 40 hari meninggalnya Abu, Pimpinan Pusat YPI Darussa’adah Aceh, Abu Jamaluddin Abdullah melantik dan meng-SK-kan Tgk Saiful Anwar bin Yakob atau sangat dikenal dengan panggilan Akhun Idi Cut sebagai pimpinan yang kedua YPI Darussa’adah Idi Cut.

Editor:Zainal Bakri
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww