AMATRICE - Gempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang Italia tengah, Rabu (24/8) dinihari. Korban tewas mendekati 80 orang dan diperkirakan terus bertambah.

Badan Perlindungan Sipil Italia, Rabu, mengatakan, korban tewas sudah 73 orang, seperti dilaporkan Associated Press.

Kepala Badan Layanan Darurat, Immacolata Postiglione, memberi rinciannya dalam sebuah pertemuan pada Rabu siang, namun dia menekankan bahwa angka tersebut masih sementara.

Badan Perlindungan Sipil mengkoordinasi upaya penyelamatan, yang melibatkan ratusan relawan dari seluruh Italia dan bahkan Vatikan.

Tim penyelamat menyiapkan banyak tenda darurat untuk menampung para korban selamat. Ribuan orang telah kehilangan tempat tinggal mereka.

Vatikan pada Kamis (25/8/2016) pagi akan mengirim enam tim penyelamat ke wilayah Amatrice, yang telah porak-poranda akibat gempa.

Sebuah pernyataan Vatika menyebutkan, keputusan itu diambil sebagai "tanda simpati Paus Fransiskus kepada para korban gempa".

"Kini masih ada sejumlah orang yang tertimbun reruntuhan dan masih hilang," kata Postiglione. 

Gempa Rabu pagi ini tercatat berkekuatan 6.4 pada skala Richter mengguncang Italia tengah, di dekat kota Perugia. Demikian data US Geological Survey (USGS).

Menurut USGS, gempa tersebut berpusat di 76 km tenggara Perugia, terjadi pukul Rabu pukul 03:36 waktu setempat (08.36 WIB) dan terasa hingga Roma.

Menurut USGS, gempa itu termasuk dangkal dengan kedalaman pusat gempa hanya 10 kilometer.***