SINGAPURA - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mendadak pingsan saat menyampaikan pidato pada reli hari Nasional.

Salah satu staf di kantor perdana menteri mengatakan bahwa Lee goyah karena terlalu lama berdiri. "Pak Lee goyah karena lama berdiri, panas, dan dehidrasi," kata juru bicara di kantornya. "Jantungnya baik-baik saja dan dia tidak mengalami stroke."

Setelah mendapat penanganan dokter, Lee melanjutkan pidatonya.

Tahun lalu, pria berusia 64 tahun itu melakukan operasi untuk menghilangkan kelenjar prostatnya. Dia didiagnosis menderita limfoma pada 1990-an, tetapi ia sudah dinyatakan sembuh.

Lee menjabat sebagai perdana menteri sejak Agustus 2004. Dalam pidatonya, ia mengatakan prioritas utama pemerintahannya adalah mempersiapkan kesuksesan negara. Lee mengatakan perdana menteri yang baru harus siap untuk mengambil alih pemerintahan setelah pemilihan umum berikutnya.

Partai Rakyat Beraksi (PAP) yang mengusung Lee sudah berkuasa sejak 1959. Kala itu Singapura masih menjadi koloni Inggris. Sebagai mantan perwira militer dan ahli matematika dari Cambridge, Lee mengikuti jejak ayahnya, Lee Kwan Yew terjun ke dunia politik pada 1984 saat ia berumur 32 tahun.***