Buka Pekan Kebudayaan Aceh Barat, Bupati Pesan Jaga Kearifan Lokal

Senin, 22 Agustus 2016 18:01 WIB
MEULABOH - Bupati Aceh Barat T Alaidinsyah bersama unsur dinas terkait dari Provinsi Aceh resmi membuka Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) ke-2 tahun 2016 di lapangan Teuku Umar, Meulaboh, Senin (22/8/2016).Dari Provinsi dihadiri Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan dan SDM, Helvizar Ibrahim, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Said Rasul, serta unsur Muspida Kabupaten setempat. Disaksikan juga oleh ribuan masyarakat.

Pada seremonial pembukaan ini turut diiringi dengan beberapa tarian daerah seperti wareh Aceh Barat, tari tsunami Aceh, tari tarek pukat, dan tari payung yang dibawakan oleh sanggar Meusaho Ganto dari SMA Negeri 2 Meulaboh.

Bupati Aceh Barat, T Aladinsyah yang akrab disapa Haji Tito mengatakan, kegiatan pekan kebudayaan tersebut bukan sekedar rekreasi, akan tetapi dia berharap kegiatan itu dapat menjadi ilmu pengetahuan dalam menggali potensi budaya lokal Kabupaten itu.

Ads
“Kegiatan ini kita laksanakan untuk menjaga kearifan budaya Aceh Barat agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman saat ini, dan terhindar dari pengaruh budaya luar,” kata Haji Tito.

Dia mengharapkan, kegiatan tersebut juga dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Aceh Barat dalam melestarikan ada dan budaya, sehingga terus kokoh sepanjang zaman.

Pemkab Aceh Barat, juga telah merumuskan setiap potensi sektor kepemudaan, perempuan dan kelembagaan adat seni dan budaya menjadi misi yang mampu memperkuat Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daearah (RPJMD) 2012- 2017.

PKAB yang dilaksanakan itu, kata dia, merupakan bentuk metamorfosis dari piasan raya yang pernah digagas oleh pemerintah setempat jauh sebelumnya dan kini berubah menjadi PKAB. Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan HUT RI dan HUT Aceh Barat ke-71, serta HUT Kota Meulaboh ke-428.

“Dengan PKAB ini kita harapkan mampu menjadi etalase bagi dunia terhadap adat dan budaya Aceh Barat, sehingga Aceh Barat menjadi daerah wisata,” ucapnya.

Pada 2014 lalu, sambung Haji Tito, Pemerintah setempat juga telah sukses dalam melaksanakan kegaiatan pekan kebudayaan, dan tahun 2016 ini agenda yang sama kembali dilaksanakan sebagai bukti momen berharga tersebut kembali dapat dilaksanakan.

Usai membuka kegiatan PKAB Bupati T Alaidinsyah bersama dengan Staf Ahli Gubernur Helvizar Ibrahim, Kepala Disbudpar Reza Fahlevi, dan Kepala BPBA Said Rasul, unsur Muspida serta Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) mengunjungi stand-stand di lokasi tersebut.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:diliputnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww