Crutchlow Juara, Rossi Kedua dalam Balapan Sengit di MotoGP Ceko

Crutchlow Juara, Rossi Kedua dalam Balapan Sengit di MotoGP Ceko
Carl Crutchlow (Foto: Getty Images/AFP)
Minggu, 21 Agustus 2016 19:58 WIB
BRNO - Kejutan mewarani seri ke-11 balap MotoGP musim 2016. Pebalap tim LCR Honda, Carl Crutchlow tampil tercepat saat mengaspal di Srikuit Brno, Republik Ceko, Minggu (21/8/2016) malam WIB.Pebalap asal Inggris itu untuk pertama kalinya dalam keikutsertannya di MotoGP meraih podium pertama mengalahkan pebalap tenar lainnya. Balapan dramatis juga dijalani Valentino Rossi. Sempat merosot posisinya di tempat ke-12, Rossi berhasil finis di posisi kedua.

Sementara, Marc Marquez yang berjuang begitu keras menyelesaikan balapan di posisi ketiga untuk tetap memimpin klasemen sementara.

loading...
Catatan menarik juga ditoreh Crutchlow. Ia menjadi pebalap Inggris pertama dalam 35 tahun terakhir yang memenangi Grand Prix di balapan motor level premier. Terakhir kali adalah Barry Sheene pada 1981 silam.

Ads
Andrea Iannone sempat mengambil alih posisi Marquez di tikungan pertama saat balapan basah, namun pebalap Spanyol itu kembali menyodok di tikungan selanjutnya dan memimpin balapan. Sayang, di lap kedua dari 22 lap, duo Ducati mampu melewati Marquez. Bahkan Scott Redding juga menyodok posisi Marquez. Dovi untuk sementara memimpin lomba diikuti Iannoe dan Redding.

Nasib sial dialami duet Yamaha di awal balapan. Valentino Rossi mengakhir putaran pertama di posisi ke-12. Jorge Lorenzo tak lebih baik di posisi ke-14. Keputusan untuk menggunakan ban keras tampaknya harus dibayar mahal oleh Yamaha.

Terjadi perubahan posisi di baris depan saat Redding menyalip Dovi saat balapan menyisakan 18 lap lagi. Sementra, Iannone tetap mempimpin balapan. Posisi Marquez juga merosot ke posisi lima setelah digeser Hector Barbera.

Insiden terjadi saat balapan menyisakan 13 lap lagi. Salah satu pebalap Ducati, Andrea Dovizioso harus mengalami masalah pada motornya. Posisi tiga terdepan dipimpin Iannone, Redding dan Hector Barbera. Marquez yang sebelumnya di posisi ke-5 mampu kembali ke peringkat ke-4. Di belakang, motor Rossi yang menggunakan ban kering mulai bekerja dengan baik. Perlahan, Rossi mampu menyodok hingga poisis ke-9.

Menyisakan 9 putaran lagi, balapan makin seru. Carl Crutchlow melakuan manuver luar biasa. Ia mengambil alih posisi Marquez di posisi ke-4. Kini Crutchlow mengincar posisi ke-3 yang ditempati Barbera dan Redding di tempat ke-2. Crutchlow pun melanjutkan aksinya dengan menempati posisi ke-2 di bekalang Iannone. Di posisi ke-5, pertarungan juga makin menarik antara Rossi dengan Marquez.

Carl Crutchlow membuat kejutan dengan mengambil alih pimpinan dari Iannone saat balapan menyisakan 6 lap lagi. Pun demikian dengan Rossi yang sukses melewati Marquez di posisi keempat. Kini Rossi sedang mengincar Barbera. Sementara di belakang Lorenzo sudah dua kali ganti motor. Raut wajahnya menyiratkan ketidaksenangan.

Rossi makin berjaya. Putaran meyisaan 5 lap lagi, Rossi menyodok ke posisi ke-3 melewati Barbera. Posisi Iannone pun semakin didesak oleh Rossi yang mengincar posisi ke-2. Dan hal itu terjadi. Rossi sudah berada di posisi ke-2 di belakang Crutchlow.

Crutchlow semakin nyaman di depan saat balapan menyisakan 3 lap lagi. Dia memimpin dengan selisih waktu 6.627 detik dari Rossi. Iannone posisinya harus merosot karena disalip Barbera. Marquez mengambil kesempatan dengan merangsek ke posisi ke-3 di depan Iannone dan Barbera.

Hingga balapan selesai, Crutchlow tetap memimpin balapan. Rossi di posisi kedua dan Marquez di tempat ke-3.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:netralnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww