RIO DE JANEIRO - Brasil meraih medali emas sepak bola Olimpiade Rio 2016 setelah mengalahkan Jerman 5-4 melalui adu penalti di Estadio do Maracana. Ini merupakan pertama kalinya bagi Brasil merebut emas Olimpiade.

Pertandingan kedua tim berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu. Kedua tim silih berganti menyerang. Neymar membuat Brasil unggul lebih dulu lewat tendangan bebas menit ke-27. Jerman membalas dengan gol Max Meyer menit ke-59.

Dalam drama adu penalti, Dewi Fortuna belum berpihak pada Jerman. Penalti penentu Jerman Nils Petersen berhasil dihalau Weverton. Sedangkan Neymar dengan tenang mencetak gol kemenangan atas Der Panzer.

Hasil ini adalah balas dendam Brasil. Pada final sepak bola Brasil selalu kalah di final pada pergelaran serupa tahun 1984, 1988 dan 2012. Terakhir, Jerman mempermalukan Brasil 7-1 di semi-final Piala Dunia 2014.

Dalam perebutan juara ketiga, Nigeria berhasil menumbangkan Honduras dengan skor 3-2. Nigeria pun berhak atas medali perunggu Olimpiade cabang sepak bola.***