Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Wajah Bocah 4 Tahun Ini Seperti Kakek-kakek, Dokter Belum Tahu Penyebabnya

Wajah Bocah 4 Tahun Ini Seperti Kakek-kakek, Dokter Belum Tahu Penyebabnya
Bocah Bayezid Shikdar dan ibunya. (detik.com)
Rabu, 10 Agustus 2016 07:57 WIB
JAKARTA - Bayezid Shikdar, bocah yang kini berusia empat tahun di Bangladesh, lahir dengan kondisi kulit ekstra yang menggelambir. Selain itu ia juga memiliki masalah jantung, penglihatan, dan pendengaran membuatnya seolah-olah seperti orang tua.

Dokter sampai saat ini sama sekali tidak tahu apa penyebab kondisi Bayezid. Sang ayah, Lablu Shikdar, mengatakan beragam tes telah dijalankan namun tetap saja tidak ada hasil yang jelas.

"Kami sudah menjual tanah kami untuk mengobati Bayezid di rumah sakit lokal. Kami membawanya ke dukun dan dokter herba tapi kondisinya tidak berubah," ujar Lablu seperti dikutip dari ABC Australia.

Dokter di Dhaka Medical College Hospital awalnya menduga bahwa Bayezid mengidap penyakit genetik langka progeria yang membuat pengidapnya menua lebih cepat. Namun tes lebih jauh menunjukkan apa yang dialami oleh Bayezid sedikit berbeda dari gejala progeria umumnya.

Ads
"Pada kasus progeria penuaan akan terjadi semakin cepat seiring berjalannya waktu. Tapi pada kasus Bayezid, orang tuanya mengatakan penuaan si anak terhenti. Kondisinya bahkan kini membaik," ujar Kepala Unit Luka Bakar dan Bedah Plastik Dhaka Medical College Hospital dr Abul Kalam.

"Kami masih menginvestigasi kasus ini," sambungnya.

Dokter mengatakan kemungkinan kondisi kecacatan genetik yang terjadi pada Bayezid ini dipicu oleh maraknya pernikahan sedarah di area pedesaan Bangladesh. Pernikahan antar sepupu atau saudara dekat di sana masih menjadi suatu hal yang biasa.***
Editor : sanbas
Sumber : detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www