Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Siapakah Manusia Pertama Mendapatkan Haji Mabrur? Ini Jawabannya

Siapakah Manusia Pertama Mendapatkan Haji Mabrur? Ini Jawabannya
(dream)
Rabu, 10 Agustus 2016 11:04 WIB
SIAPAKAH manusia pertama menunaikan ibadah haji? Jawabannya adalah Nabi Adam AS. Ya, Nabi Adam merupakan manusia pertama yang melaksanakan ritual haji dan menutupi Baitullah dengan rambutnya. Nabi Adam AS telah mengunjungi rumah Allah sebanyak 1.000 kali dengan berjalan kaki untuk 700 haji dan 300 umrah.

Adam AS menunaikan ibadah haji dengan penuh semangat dari arah Syam. Saat berhaji, ia berdiam di Al-Hathim, tempat di antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad. Nabi Adam AS telah bertawaf selama seratus tahun sebelum ia bertemu dengan istrinya, Hawa, di Jabal Rahmah.

Dalam riwayat Imam Ja'far Shadiq disebutkan, ketika Adam AS tawaf di Baitullah dan sampai di Multazam, malaikat Jibril berkata kepadanya, "Wahai Adam, akuilah di tempat ini segala dosamu kepada Tuhanmu."

Maka berhentilah Adam, lalu berkata, "Wahai Tuhanku, sesungguhnya setiap orang yang beramal mendapat ganjaran. Sungguh aku telah beramal, apakah ganjaranku?"

Ads
Allah SWT mewahyukan kepadaya, "Aku ampuni dosamu."

Lalu Nabi Adam AS berkata, "Wahai Tuhanku, juga untuk anak cucu keturunanku?" Allah SWT mewahyukan kepadanya, "Wahai Adam, siapa saja di antara keturunanmu yang datang ke tempat ini, mengakui dosa-dosanya, berbuat sebagaimana engkau bertobat, dan memohon ampun, niscaya aku ampuni."

Dikutip dari viva.co.I'd, saat Nabi Adam AS bertolak dari Mina, masih menurut riwayat Imam Ja'far Shadiq, para malaikat menemuinya dan berkata, "Wahai Adam, hajimu telah mabrur, sesungguhnya kami telah menunaikan haji di Baitullah ini sebelum engkau selama dua ribu tahun." (Mir'at Al Uqul, XVII, hlm 17; Al Kafi IV/194)

Ibadah haji Nabi Adam AS seperti dikutip dari buku Keajaiban Haji dan Umrah, Mengungkap Kedahsyatan Pesona Ka'bah dan Tanah Suci, juga diriwayatkan Al Syami. Dalam riwayat itu disebutkan bahwa ketika Amirul Mukminin, Ali bin Abi Thalib pernah ditanya, "Berapa kali Nabi Adam AS menunaikan haji?" Ali menjawab, "Tujuh ratus haji dengan berjalan kaki. Haji pertamanya beliau lakukan bersama seekor burung yang menunjukkan sumber-sumber air."

Dalam Al Wasa'il (VIII, hlm 91) disebutkan, burung tersebut ke luar bersama Adam AS dari surga dan dia diharamkan memakan burung itu. Disebutkan pula ketika itu Ali ditanya tentang siapa penghuni langit yang pertama kali melaksanakan haji, beliau menjawab, "Jibril."

Abu Bilal Al-Makki berkata, "Aku melihat Abu Abdillah tawaf di Baitullah kemudian salat dua rakaat di antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad. Aku berkata kepadanya, 'Sebelumnya aku tidak pernah melihat seorang pun dari kalian salat di tempat ini'. Beliau menjawab, 'Tempat ini adalah tempat diterimanya tobat Nabi Adam AS."

Mengenai tahallul Nabi Adam AS pernah diceritakan Ali bin Muhammad Al'Alawi, "Aku bertanya kepada Abu Ja'far mengenai Nabi Adam AS, 'Dengan apa Nabi Adam AS mencikur rambutnya ketika menunaikan haji?' Beliau menjawab, 'Jibril turun dengan membawa sebuah batu mulia dari surga, kemudian Jibril menjalankannya di atas kepala Nabi Adam AS, maka berguguranlah rambutnya'." (Mi'rat Al Uqul, XVII, hlm 18)

Dalam riwayat Imam Ja'far Shadiq disebutkan, Nabi Adam-lah yang membangun Baitullah dan meletakkan dasarnya. "Beliaulah orang yang pertama kali menutupi Baitullah dengan rambutnya dan yang pertama kami menunaikan ibadah haji. Orang-orang setelah Beliau menutupinya dengan hamparan kulit. Nabi Ibrahim AS menutupinya dengan kain tebal. Yang pertama kali menutupinya dengan kain pakaian adalah Nabi Sulaiman AS bin Daud. Beliau menutupinya dengan Qabath (kain buatan bangsa Qibti Mesir). (Al Wafu, hlm 24; Al Wasa'il, VIII, hlm 324).***
Editor : sannbas
Sumber : viva.co.id
Kategori : SerbaSerbi
www www