LONDON - Jodie Brown, seorang gadis asal Inggris yang kini berusia 17 tahun, mengalami gangguan makan. Jodie hanya bisa makan sandwich isi lemon curd. Selective Eating Disorder (SED) dialami beberapa orang di dunia. Mereka hanya mau mengonsumsi jenis makanan tertentu atau makanan yang dimasak dengan cara tertentu.

Gadis cantik asal Wolverhampton, Inggris ini mengalami SED sejak balita dan sejak itu ia hanya bisa makan sandwich isi lemon curd. Ia mengaku takut saat harus makan di restoran. "Sejak bayi saya selalu rewel dan membuat ibu saya bingung memilihkan makanan. Yang saya ingat hanyalah makan lemon curd (olesan dessert yang asam segar dari lemon)," ujar Jodie.

Ia kemudian mengalami satu titik dimana dirinya tak lagi bisa makan lemon curd. "Meski saya mau mencoba makanan baru, saya tidak bisa mencicip makanan tersebut tanpa muntah," jelasnya.

"Tiap orang mengatakan fase SED yang saya alami akan hilang seiring pertumbuhan usia, tetapi nyatanya tidak." Jodi menambahkan, "Sangat memalukan ketika teman-teman sekolah melihat bekal saya yang menurut mereka aneh."

Untuk mengatasinya, Brown mengunjungi hipnoterapis. Hasilnya ia kini bisa menyantap makanan yang dulunya ia takuti. "Saya mungkin belum sembuh benar, tapi saya sudah jauh lebih baik," jelasnya.

Mengenai hal ini, Carol, ibu Brown berujar, "Saya senang tidak perlu membeli banyak lemon curd. Saya pasti sudah membeli ribuan botol selama ini. Dulu harus selalu ada beberapa botol di lemari saya."

Sebelumnya Natasha Somedo asal Inggris juga mengalami SED. Ia hanya makan junk food seperti pizza dan chips selama 20 tahun. Namun berkat sesi hipnoterapi, dirinya berhasil sembuh.

Sementara itu, Georgie Scotney makan KFC selama 3 tahun terus-menerus. Ia mengaku takut mencoba makanan lain termasuk buah-buahan.***