Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Uniknya Sepeda Yang Satu Ini, Roda Berputar Tapi Pelek Tak Ikut Berputar, Kok Bisa?

Uniknya Sepeda Yang Satu Ini, Roda Berputar Tapi Pelek Tak Ikut Berputar, Kok Bisa?
sepeda GeoOrbital
Kamis, 28 Juli 2016 09:51 WIB

JAKARTA - Sepeda yang satu ini termasuk unik. Jika pada umumnya roda berputar bersamaan dengan pelek, tidak demikian halnya dengan sepeda ini. Meski roda berputar, pelek tak ikut berputar. Kok bisa ya?

Itulah sepeda elektrik GeoOrbital. Memang di pasar sudah banyak dijual sepeda listrik. Akan tetapi kebanyakan sepeda listrik berpusat pada roda belakang dan menggunakan central hub. Itu yang membuat GeoOrbital menjadi berbeda dengan sepeda listrik yang sudah ada di pasaran.

GeoOrbital memiliki desain roda yang centerless. Dengan begitu sepede elektrik ini tidak memiliki center hub. Pelek dari GeoOrbital tidak akan berputar seperti sepeda umumnya. Akan tetapi akan ada sebuah modul di tengah pelek yang akan memutar roda.

Modul tersebut memiliki tiga lengan dengan roda kecil diujungnya. Roda-roda kecil tersebutlah yang akan memutar ban sepeda. GeoOrbital mampu melaju hingga 32 km/jam. Dibutuhkan waktu empat jam untu mengisi penuh baterai sepeda ini.

Ads
Dalam kondisi penuh, sepeda elektrik tersebut mampu melaju hingga 32 km. Bila ditambah dengan dikayuh maka bisa mencapai 80km. Sepeda ini akan dilepas di pasar dengan harga yang cukup mahal yakni 649 dolar. Nanti ketika akan diproduksi secara masal, harga eceran yang direncanakan adalah 950 dollar.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www