INDIANAPOLIS - Namanya Rocky. Ia bukan manusia. Rocky adalah seekor orangutan. Tapi Rocky bukan orangutan biasa karena ia telah belajar untuk berbicara seperti manusia. Primata berusia delapan tahun ini membuat ilmuwan terkejut dengan menyalin kata-kata dan mereproduksinya dalam sebuah 'percakapan. Peneliti meminta Rocky memainkan permainan di mana ia menirukan nada dan pitch dari suara vokal manusia.

Ternyata suara Rocky dengan orangutan liar lain dan yang ada di penangkaran sangat berbeda. Para ilmuwan menyimpulkan Rocky bisa belajar suara dan mengendalikan suaranya dengan cara seperti manusia berbincang.

Para ilmuwan percaya Rocky bisa menjadi kunci untuk memahami bagaimana bahasa manusia berevolusi. "Belum jelas bagaimana bahasa berevolusi dari sistem komunikasi kera besar. Alih-alih mempelajari suara baru sebelumnya diduga kera besar mengeluarkan suara mereka berasal dari suatu dorongan yang tidak terkontrol, tapi penelitian kami membuktikan orangutan punya kapasitas untuk mengontrol suara mereka," kata peneliti utama Dr Adriano Lameria, dari Universitas Durham, seperti yang dikutip Miror, Rabu (28/7).

Lameria menjelaskan Rocky menunjukan kontrol suara yang dimiliki manusia berasal dari nenek moyang mereka. Lamerian menjelaskan penelitian ini membuka potensi untuk mempelajari lebih lanjut kapabilitas vokal hominid ini. Penelitian Rocky dilakukan di Kebun Binatang Indianapolis, Amerika Serikat.***