Luhut dan Sofyan Djalil, Dua Menteri yang Paling Sering Dilantik Jokowi...

Luhut dan Sofyan Djalil, Dua Menteri yang Paling Sering Dilantik Jokowi...
Luhut Binsar Pandjaitan dan Sofyan Djalil
Kamis, 28 Juli 2016 09:33 WIB

JAKARTA - Gonjang ganjing seputar isu reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi-JK rampung sudah. Kemarin, Presiden Jokowi langsung mengumumkan perombakan kabinet yang dipimpinnya di Istana Negara.

Sejumlah menteri dicopot dari posisinya dan digantikan orang lain. Ada juga yang dirotasi ke kementerian berbeda.

Dua di antaranya adalah Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan Sofyan Djalil. Luhut yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) digeser Jokowi menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli yang tak lagi menjabat.

loading...
Sementara itu, Sofyan Djalil digeser dari posisi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional, menggantikan Yuddy Chrisnandi yang tak lagi menjabat.

Ads
Sejak Jokowi-JK berkuasa pada 2014 lalu, Luhut dan Sofyan adalah orang di kabinet yang paling sering dilantik. Sejak 2014 hingga detik ini, keduanya sudah tiga kali dilantik Jokowi dengan tiga jabatan berbeda.

Seperti diketahui, pada awal masal pemerintahan Jokowi-JK, Luhut dilantik sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia oleh Jokowi. Luhut menjabat posisi tersebut sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Luhut kemudian dilantik Jokowi menjadi Menko Polhukam saat terjadi reshuffle. Luhut menempati posisi itu sejak 12 Agustus 2015 hingga 26 Juli 2016.

Kemudian, Luhut digeser dari posisi tersebut oleh Jokowi dan dilantik menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, kemarin. Total 3 kali Luhut mengalami pelantikan di era Jokowi-JK ini.

Hal yang sama juga dialami Sofyan Djalil. Di masa awal pemerintahan Jokowi-JK, dia dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Sofyan menempati posisi itu dari 27 Oktober 2014 hingga 12 Agustus 2015.

Sofyan digeser dari posisi itu dan dilantik menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Sofyan menempati posisi itu dari 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016.

Kemudian, dalam reshuffle yang dilakukan Jokowi kemarin, Sofyan digeser dari tersebut dan dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Sama dengan Luhut, total Sofyan sudah mengalami tiga kali pelantikan di era Jokowi-JK.***

Editor:ridwan iskandar
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww