Geram Lihat Korsel Tempatkan Terminal Sistem Radar, Cina Imbangi Dengan Membangun Sistem Pertahanan Rudal

Geram Lihat Korsel Tempatkan Terminal Sistem Radar, Cina Imbangi Dengan Membangun Sistem Pertahanan Rudal
rudal milik Cina
Kamis, 28 Juli 2016 23:56 WIB
BEIJING - Karena geram melihat Korea Selatan (Korsel) menempatkan terminal sistem radar di wilayah dekatnya, Cina pun mengimbangnya dengan membangun sistem pertahanan udara.Pada Kamis (28/7/2016), Kementerian Pertahanan Cina mengonfirmasi pemerintah akan merealisasikan rencana itu.

''Mengembangkan kemampuan untuk pertahanan rudal yang sesuai diperlukan oleh Cina untuk menjaga keamanan nasionalnya,'' kata Juru bicara kementerian pertahanan, Yang Yujun dalam konferensi pers bulanan.

Menurutnya, sistem terkait akan mengembangkan kemampuan pertahanan diri Cina. Ia mengatakan sistem ini tidak menargetkan negara tertentu dan tidak akan berimbas pada stabilitas strategis internasional.

Ads
Sebelumnya, Cina sangat geram setelah melihat Korsel benar-benar menempatkan Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) di wilayah. Korsel bersikeras langkah ini khusus untuk melawan ancaman Korea Utara.

Namun Cina protes dan memperingatkan bahwa keputusan tersebut akan merusak stabilitas keamanan wilayah. Cina khawatir sistem radar itu akan digunakan untuk melacak kemampuan militernya.***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww