Home >  Artikel >  SerbaSerbi
Liputan Khusus Religi

Dayah Futuhul Mu'arif Al-Aziziyah, Lahir untuk Mengawal Akidah

Dayah Futuhul Muarif Al-Aziziyah, Lahir untuk Mengawal Akidah
Jum'at, 22 Juli 2016 13:47 WIB
Penulis: Dedek
Berdiri pada tahun 2011 di atas lahan seluas 6.400 meter, Dayah Futuhul Mu'arif Al-Aziziyah di Gampong Simpang Lhe, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh, kini tumuhmenjadi salah dayah favorit di Kota Langsa. Di dayah ini, santri dan santriwati tak hanya yang berasal sejumlah kabupaten/kota di Aceh. namun banyak juga yang datang dari luar Aceh, seperti Jambi dan Jakarta. Jumlah santri di dayah ini sekarang sebanyak 500 orang dengan tenaga pengajar berjumlah 50 orang.Dayah Futuhul Mu'arif Al-Aziziyah di Gampong Simpang Lhe

Saat wartawan GoAceh, menyambangi dayah ini, Kamis (21/7/2016), sekitar pukul 08.00 WIB, terlihat pagi itu ratusan santri sedang melakukan sejumlah aktivitas seperti mandi dan sebahagian lagi telah siap menuju balai untuk mengikuti proses belajar-mengajar.

Selang beberapa menit kemudian, GoAceh dipertemukan dengan Pimpinan Dayah Futuhul Mu'arif Al-Aziziyah, Tgk Murdani. Dalam perbincangan awal, Tgk Mur panggilan akrab Tgk Murdani, menceritakan, awalnya dayah yang dirintisnya seorang diri ini berdiri pada tahun 2011.

"Saat itu kita masih jatuh bangun, mendirikan satu persatu balai. Kemudian, pada tahun 2014, karena sudah ada santri yang menetap tinggal di dayah, maka baru keluar izin pendirian dari Kantor Kementrian Agama Kota Langsa.

Pascakeluarnya izin, dan untuk mengembangkan dayah, ia dibantu oleh 9 dewan guru yang berasal Ma'hadal Ulum Diniyah Islamiah Masjid Raya Samalanga, Bireuen, Aceh. Lalu, sekitar satu bulan kemudian, dayah ini dibantu lagi empat orang guru senior yang berasal dari dayah Samalanga.

"Seiring waktu berjalan dan berkat kerja keras kami, akhirnya guru-guru senior itu membuka cabang dayah ini di beberapa daerah di Aceh dan luar Aceh seperti Jambi. Untuk Aceh, di Bireuen, Langsa serta Aceh Timur. Dari jumlah guru itu, hanya satu yang saya minta menetap mengajar di sini, sebagai orang tua kami," jelasnya.
Kantor Dayah Futuhul Mu'arif Al-Aziziyah di Gampong Simpang Lhe

Ads
Editor : Zainal Bakri
Kategori : SerbaSerbi
www www