Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Mercedes-Benz Mulai Operasikan Bus Semi Otomatis di Jalan Umum, Cara Mengemudikannya Begini...

Mercedes-Benz Mulai Operasikan Bus Semi Otomatis di Jalan Umum, Cara Mengemudikannya Begini...
Bus semi otomastis Mercedes-Benz
Kamis, 21 Juli 2016 14:45 WIB
BELANDA - Kabar terbaru datan dari perusahaan otomotif Mercedes-Benz. Perusahaan ini telah memulai mengoperasikan bus semi otomatis di jalan umum.Dikabarkan, Mercedes-Benz Future Bus telah dioperasikan dalam mode semi-otomatis di sejumlah jalan umum Belanda. Teknologi futuristik itu memungkinkan banyak moda transportasi umum di masa depan bakal beroperasi secara otonom.

Saat ini, bus canggih itu beroperasi pada rute Bus Rapid Transit dari Airport Line 300, Schalkwijk Centrum, menuju halte di kota Haarlem. Bus belum sepenuhnya otonom karena masih membutuhkan sopir untuk mengoperasikan beberapa hal.

Bus bisa dikemudikan seperti biasa atau diatur dalam mode autopilot bernama CityPilot. Mode itu disebut akan mati secara otomatis saat sopir menempatkan kaki di kedua pedal atau memegang kemudi.

Ads
Kendaraan tersebut menggunakan lampu lalu lintas untuk menentukan kapan saatnya melaju dan berhenti. Dalam aturan resmi, sang sopir bakal mengambil alih kemudi jika ada bus non-otonom di jalur lain.

Kombinasi perangkat seperti GPS, kamera, dan radar memungkinkan bus beroperasi sendiri dalam lalu lintas hingga kecepatan maksimal 70 kilometer per jam. Bus juga mampu secara otomatis melewati terowongan, polisi tidur, dan hal lain di jalan raya.

Bagaimanapun, Mercedes-Benz Future Bus bukan bus otonom pertama yang beroperasi di jalan umum. Bulan lalu, IBM Watson mengoperasikan bus otonom bernama Olli di Washington DC, Amerika Serikat.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www