Tahu Nggak Kenapa Astronot Harus Memakai Baju Luar Angkasa

Tahu Nggak Kenapa Astronot Harus Memakai Baju Luar Angkasa
astronot
Rabu, 20 Juli 2016 19:38 WIB

JAKARTA - Sejumlah film fiksi ilmiah memperlihatkan aksi para astronot yang menegangkan di luar angkasa. Mulai dari tokoh Mark Watney di film The Martian hingga tim astronot kece di film Independence Day: Resurgence.

Mereka semua terlihat keren memakai baju astronot. Dilansir dari laman Mental Floss, baju astronot itu ternyata sangat penting saat seseorang berada di luar angkasa.

Tanpa pakaian astronot, seseorang akan mati lemas kehabisan oksigen di luar angkasa. Udara akan dipaksa keluar dari paru-paru tetapi tak ada oksigen baru yang bisa dihirup.

Hal buruk dan menyakitkan berikutnya adalah gelembung gas yang terbentuk di darah dan seluruh jaringan tubuh. Sama seperti ketika Anda melepaskan tutup pada botol soda dan ada gelembung yang terbentuk pada cairannya.

Ads
Penyelam yang kadang mengalaminya akibat perubahan tekanan dalam air menganggapnya sangat menyakitkan. Hal tersebut juga dapat berakibat fatal dengan sangat cepat.

Pakaian ruang angkasa juga akan menaikkan suhu ketika astronot berada di sisi teduh dari bumi dan mendinginkan temperatur saat berada di sisi cerah Bumi. Sistem itu sangat tergantung pada pesawat ruang angkasa dan harus segera terhubung saat kehabisan sumber daya.***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww