Home >  Artikel >  SerbaSerbi

PT Toyota Astra Motor Umumkan Kampanye Perbaikan Massal Terhadap 4 Model Mobilnya, Berikut Mobil Dimaksud

PT Toyota Astra Motor Umumkan Kampanye Perbaikan Massal Terhadap 4 Model Mobilnya, Berikut Mobil Dimaksud
ilustrasi
Rabu, 20 Juli 2016 17:31 WIB

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis pengumuman Special Service Campaign (SSC) terhadap empat model mobilnya. Kampanye perbaikan massal (recall) itu dikarenakan adanya masalah pada perangkat keselamatan (airbag) buatan Takata, produsen airbag terbesar di Jepang.

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis pengumuman Special Service Campaign (SSC) terhadap empat model mobilnya. Kampanye perbaikan massal (recall) itu dikarenakan adanya masalah pada perangkat keselamatan (airbag) buatan Takata, produsen airbag terbesar di Jepang.

Empat model yang bermasalah adalah Camry, Corolla, Vio dan Yaris dengan tahun produksi dari 2001 sampai 2008. Jumlah mobil yang bermasalah dengan airbag itu pun tidak sedikit, yakni sebanyak 40.280 unit mobil. Sebelumnya, Honda, juga melakukan Recall pada Februari 2016, karena masalah serupa.

Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto menjelaskan, dalam kampanye ini, TAM berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna.

Ads
Kampanye ini, sambung Henry, juga merupakan instruksi dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) yang meminta seluruh distributor untuk melakukan progam SSC. Aktivitas ini dilakukan begitu TAM mendapatkan informasi tersebut pada awal 2016.

"Konsumen yang kendaraannya masuk dalam daftar SSC dipersilakan datang ke 283 jaringan bengkel kami dan sampai saat ini belum ada laporan kecelakaan akibat masalah ini di Indonesia. Namun, kami tetap akan memberikan yang terbaik untuk konsumen dengan program ini," kata Henry di Jakarta, Senin (18/7/2016).

General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi berharap seluruh konsumen empat model tersebut dapat segera menghubungi dealer terdekat untuk mengatur jadwal melakukan perbaikan. Dadi menambahkan, bagi pemilik mobil yang sudah pernah berpindah tangan pun tak perlu khawatir. Karena, bila memang airbag inflator memiliki masalah maka akan tetap diganti.

"Jadi silahkan cek dulu, kalau bermasalah kami tetap menggantinya sampai semuanya selesai, karena akan disesuaikan dengan nomor seri mobil tersebut," ucap Dadi.

Bagi konsumen yang merasa memiliki empat model tersebut bisa segera melakukan pengecekan apakah harus diperbaiki atau tidak. Pengecekan dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui customer care dengan nomor telepon 1-500-315 atau mengunjungi situs www.toyota.astra.co.id.

Seperti diketahui, airbag Takata memiliki masalah pada komponen inflator. Ketika mobil mengalami kecelakaan dengan benturan dari depan, airbag akan mengembang secara berlebih hingga meletup. Bukannya menyelamatkan penggunanya, hal itu justru membuat potensi cedera hingga kematian lebih tinggi.***

Editor : Hermanto Ansam
Sumber : republika.co.id
Kategori : SerbaSerbi
www www