Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Sebelum Berusia 30 Tahun, Lakukan Beberapa Hal Penting Ini, Kalau Tidak...

Sebelum Berusia 30 Tahun, Lakukan Beberapa Hal Penting Ini, Kalau Tidak...
ilustrasi
Senin, 18 Juli 2016 08:57 WIB
PEKANBARU - Ada Beberapa hal penting di ranah profesional yang perlu dilakukan sebelum seseorang menginjak usia 30 tahun. Berikut daftarnya, menurut survei yang dilakukan para ahli.1. Berhenti dari pekerjaan yang Anda benci

Hidup terlalu singkat untuk terus-menerus melakukan pekerjaan yang Anda benci. Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk mencoba banyak hal agar Anda sudah mendapatkan pekerjaan tepat begitu menginjak usia 30 tahun.

1. Menjadi ahli dalam bidang tertentu

Ads
Sebelum berusia 30 tahun, Anda berutang kepada diri sendiri untuk mengetahui apa yang benar-benar bisa Anda lakukan dengan baik. Menjadi ahli dalam bidang tertentu, misalnya menulis, melakukan presentasi, atau negosiasi sangat bermanfaat untuk kehidupan profesional Anda.

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Banyak orang tidak meluangkan waktu untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi sehingga berdampak pada pengembangan karier. Pada usia 30 tahun, seseorang diharapkan sudah bisa mengemukakan ide dengan efisien dan akurat, baik lisan maupun tertulis.

3. Membangun jaringan

Penelitian telah menunjukkan adanya korelasi langsung antara jaringan strategis dan peningkatan pendapatan. Membangun jaringan antara rekan dan kolega sangat penting untuk karier yang sukses.

4. Merangkul konflik

Konflik ada di mana-mana, jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar menanganinya. Rangkul dan analisis konflik beragam isu agar Anda bisa semakin berusaha menyelesaikannya dengan efisien.

5. Menyusun buku kemenangan

Buku khusus ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan semua pujian, kemenangan, dan prestasi yang Anda capai dalam pekerjaan. Dengan menyatukannya dalam satu tempat, Anda akan mampu mengartikulasikan apa yang Anda lakukan dengan baik dan bagaimana cara meningkatkan kinerja.

6. Tetap belajar

Hanya karena Anda tak lagi mengikuti pendidikan formal, bukan berarti Anda harus berhenti belajar. Belajar tak terbatas pada subjek khusus yang berhubungan dengan karier Anda, tetapi juga bisa berwujud bidang yang sama sekali berbeda.***

Editor : Hermanto Ansam
Sumber : republika.co.id
Kategori : SerbaSerbi
www www