JAKARTA - Sebuah planet berbatu baru selebar wilayah Britania, berhasil ditemukan para ilmuwan saat mengrbit sejauh 120 kali lebih jauh dari matahari dibanding bumi.

Sebuah planet kerdil yang belum dinamai itu, memiliki lebar hanya seperti setengah wiliayah Britania, dan orbitnya bergerak dua kali lebih jauh dari Pluto.

Planet tersebut seolah menjadi miniatu dunia, yang memiliki suhu ektrim karena mengorbit dengan jarak 700 tahun hanya untuk satu putaran mengelilingi sitem tata surya kita.

Penemuan itu mengenalkan satu planet kerdil menjadi total sebanyak enam planet baru. Penemuan planet baru yang dinamakan RR245 itu, pertama kali dilihat ilmuwan di Puncak Mauna Kea, Hawaii, sebagai bagian dari Outer Solar System Origins Survey (OSSOS).

Para grup peneliti termasuk para ilmuwan dari Universitas Victoria, Kanada, telah mengobservasi tubuh planet itu selama enam bulan, dan akan mengorbit 700 tahun disekeliling matahari.

Jarak planet kerdil itu dari bumi sekitar 435 mil atau 700 kilometer dengan suhu dibawah 200 derajat celcius dilansir laman Dailymail belum lama ini.***