Puluhan Tentara Turki Pro Kudeta Menyerah di Jembatan Selat Bosphorus

Puluhan Tentara Turki Pro Kudeta Menyerah di Jembatan Selat Bosphorus
(detik.com)
Sabtu, 16 Juli 2016 17:10 WIB
ANKARA - Puluhan tentara yang terlibat dalam percobaan kudeta militer di Turki, telah menyerah di salah satu jembatan di kawasan Selat Bosphorus di Istanbul hari ini.Dalam tayangan langsung televisi CNN Turki seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (16/7/2016), terlihat bahwa para tentara pembangkang tersebut meninggalkan tank-tank militer mereka, dengan mengangkat tangan mereka ke atas sebagai tanda menyerah.

Menurut CNN Turki, jumlah para tentara pembangkang yang menyerah tersebut sekitar 50 orang.

Sebelumnya, puluhan tentara pro-kudeta juga telah menyerah kepada polisi-polisi bersenjata setelah dikepung di lapangan Taksim, Istanbul.

Ads
Usai percobaan kudeta ini, otoritas maritim Turki telah menutup sementara Selat Bosphorus untuk kapal-kapal tanker yang akan transit. Menurut agen perkapalan GAC, penutupan ini dilakukan karena alasan keamanan dan keselamatan. Selat Bosphorus merupakan saluran utama perkapalan yang membagi Istanbul menjadi bagian wilayah Eropa dan Asia.

Sejauh ini, lebih dari 130 orang telah ditangkap terkait upaya kudeta yang gagal ini. Setidaknya 42 orang tewas di ibukota Ankara selama percobaan kudeta yang berawal pada Jumat, 15 Juli malam waktu setempat.***

Editor:sanbas
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww