ISTAMBUL - Sebuah foto yang dipublikasikan media Rudaw English, yang juga dikutip media Guardian, menampilkan gambar sejumlah warga Turki menaiki dua tank sambil mengacungkan tangan, Sabtu, 16 Juli 2016.

Foto ini ditampilkan di akun twitter @rudawenglish dengan keterangan, "Sejumlah warga mengambil alih beberapa tank."

Warga Turki juga dilaporkan mulai turun ke jalan menanggapi imbauan Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk melawan tindakan kudeta militer.

Menurut situs berita Timur Tengah, Erdogan mengatakan akan turun ke jalan bersama para pendukungnya untuk melawan kudeta militer terhadap demokrasi.

Dalam tayangan berita di CNN, warga Turki terlihat memadati jalan-jalan sambil membawa kendaraan dan berjalan kaki. Sebagian mendekati para tentara yang berdiri di tengah jalan dengan senjata lengkap sambil menyapa dan mencium pipinya.

Situs ini juga menampilkan foto Erdogan memberikan penjelasan dalam wawancara dengan stasiun televisi lokal menggunakan layanan video call.

Menteri Pertahanan Turki dikabarkan meminta pimpinan militer untuk tidak mendukung aksi kudeta. "Semua yang terlibat akan ditindak," kata dia seperti dikutip @Rudawenglish. ***