Gedung Putih Menolak Mendukung Kudeta Milter di Turki, Ini Alasannya

Gedung Putih Menolak Mendukung Kudeta Milter di Turki, Ini Alasannya
Erdogan dan Obama
Sabtu, 16 Juli 2016 15:02 WIB
ISTANBUL - Aksi upaya kudeta yang dilakukan militer Turki terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan, langsung mendapat sikap dari Gedung Putih, Amerika Serikat (AS).Presiden AS, Barack Obama dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dengan tegas menolak mendukung tindakan kudeta militer Turki terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan. Obama menyatakan, Sikap Gedung Putih dengan jelas mendukung pemerintahan yang dipilih rakyat secara demokratis.

''Obama, Kerry mengatakan semua pihak di Turki harus menahan diri, mendukung pemerintahan yang terpilih," begitulah pernyataan Gedung Putih, seperti laporan Reuters.

Dua partai oposisi di Turki telah mengumumkan sikap mereka terhadap upaya kudeta militer pada Kamis (15/7/2016) larut malam waktu setempat, terkait adanya kelompok militer yang berusaha melakukan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Ads
''Negara ini telah menderita banyak dari kudeta. Kami tidak ingin kesulitan-kesulitan ini diulang,'' demikian pernyataan Pemimpin Partai Republik Rakyat (CHP) Kemal Kilicdaroglu, dikutip dari hurriyetdailynews.

Dia menekankan, CHP akan melindungi Republik Turki dan demokrasi. Kemal melanjutkan, ''Perlu diketahui bahwa CHP sepenuhnya tergantung pada kehendak bebas dari orang-orang yang tak terpisahkan dari demokrasi parlementer kita.''***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww