Jangan Biarkan Kerikil Terselip pada Ban Mobil dan Motor, Ini Bahayanya

Jangan Biarkan Kerikil Terselip pada Ban Mobil dan Motor, Ini Bahayanya
(kompas.com)
Jum'at, 15 Juli 2016 15:55 WIB
JAKARTA - Ban menjadi satu-satunya komponen yang langsung melakukan kontak dengan jalan. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka pengguna sepeda motor dan mobil wajib melakukan perawatan, terutama ketika melihat ada banyak kerikil yang menempel di alur permukaan ban.Proving Ground Manager Bridgestone Tire Indonesia, Zulpata Zainal, mengatakan, kerikil yang terselip pada permukaan ban bila dibiarkan bisa menjadi masalah. Bahkan bisa membuat ban bocor.

"Batu kerikil memang terlihat sepele, tapi kalu dibiarkan terus-menerus menyelip di alur ban dalam keadaan mobil bergerak bisa menembus karet atau kompon permukaan ban. Akibat ban akan mengalami kebocoran udara," ucap Zulpata saat dihubungi Otomania, Rabu (29/6/2016).

Menurutnya, ban bisa diibaratkan sebagai alas kaki pada manusia. Saat ada kerikil yang menempel pada permukaan sepatu atau sendal tentu ketika berjalan tidak akan nyaman, begitu juga pada ban.

Ads
Zulpata mengingatkan para pemilik kendaraan untuk selalu melakukan pengecekan permukaan ban. Hal ini bisa dilakukan satu minggu sekali, atau pada saat sedang mencuci mobil.

"Cek kondisinya satu minggu sekali, paling mudah saat sedang mecuci mobil. Kalua terdapat kerikil segera disingkirkan, caranya juga mudah tidak sampai harus ke bengkel khusus," kata Zulpata.***

Editor:sanbas
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww