Festival Dikejar Banteng Telan Korban Jiwa dan Lukai Belasan Orang

Festival Dikejar Banteng Telan Korban Jiwa dan Lukai Belasan Orang
Festival Dikejar Banteng. (detik.com)
Rabu, 13 Juli 2016 07:46 WIB
PAMPLONA - Festival San Fermin di Spanyol yang diwarnai acara dikejar banteng kembali digelar di Kota Pamplona, Spanyol. Festival ini selalu dinanti dan menarik para wisatawan dari seluruh dunia. Tak sedikit turis yang datang ke Spanyol untuk ikut serta.

Sejarahnya, setiap tahun masyarakat Spanyol rutin menggelar festival secara serentak di beberapa kota untuk menghormati Santo Fermin yang merupakan pelindung Kota Pamplona. Di satu sisi, festival tersebut juga sangat kontroversial karena dianggap berbahaya dan sering makan korban.

Dilansir detikTravel dari Reuters, Rabu (13/7/2016) tahun ini Festival San fermin kembali diadakan pada Sabtu pekan lalu (9/7) dan merenggut dua nyawa serta melukai dua traveler. Sungguh malang...

loading...
Korban pertama diketahui adalah seorang matador profesional bernama Victor Barrio (29). Ia terbunuh ketika seekor banteng menanduk dadanya tepat di tengah arena pertarungan di Kota Teruel.

Ads
Naasnya, momen kematiannya bahkan disiarkan live di layar kaca. Kematiannya pun dikonfirmasi oleh situs Matador resmi Madrid, Las Ventas. Kematian Victor di arena pun menjadi yang pertama dalam sejarah matador.

Korban berikutnya adalah seorang peserta festival berumur 28 tahun asal Spanyol di Desa Pedreguer dekat Valencia. Ia terbunuh ketika tanduk seekor banteng menembus perut dan jantungnya saat ia berusaha menolong pelari lain dari kejaran banteng.

Masih di hari yang sama, traveler pria berkebangsaan Jepang (33) serta seorang pria berkebangsaan Spanyol (24) mengalami luka parah akibat serangan banteng. Belum lagi 12 traveler lainnya yang menderita luka ringan seperti ditulis di situs pemda setempat.

Secara teknis, festival tahun ini berlangsung sekitar empat menit dan melibatkan sekitar enam banteng dari ranch Jose Escolar. Masalahnya, salah satu banteng sempat terlepas dari rombongan dan bikin heboh.

Para pelari pun akan dikejar banteng di jalanan Pamplona sepanjang 825 meter. Di mana acara biasa dimulai pada pukul 08.00 pagi waktu setempat dengan total delapan kali selama festival diadakan, tapi ada saja korbannya.***
Editor:sanbas
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww