Waspadalah Bila Temukan Benda Ini di Mesin ATM

Waspadalah Bila Temukan Benda Ini di Mesin ATM
(dream)
Minggu, 10 Juli 2016 11:21 WIB
- Menjadi orang yang paranoid kadang memberikan manfaat kepada banyak orang. Seperti seorang turis asal Amerika Serikat yang sedang liburan di Vienna, Austria berikut ini.

Turis yang tak menyebutkan namanya itu berhasil menemukan alat skimmer yang dipasang di sebuah ATM.

Aksi yang direkam dan diunggah di YouTube itu menunjukkan, bagaimana dia berhasil melepas sebuah skimmer yang dipasang di salah satu ATM di sekitar St. Stephen's Cathedral di Vienna.

Skimmer biasanya digunakan peretas untuk mencuri data dalam kartu kredit atau kartu debit. Dengan data tersebut, mereka bisa membuat kartu kredit atau kartu debit baru dengan fungsi dan fitur seperti aslinya.

Ads
Dalam video, turis itu menunjukkan bagaimana dia menemukan skimmer dengan menarik mulut ATM. Ketika mencoba menariknya, mulut ATM berwarna hijau itu terlepas.

Ternyata mulut ATM yang terlepas itu adalah skimmer untuk mencuri data dalam kartu kredit atau kartu debit. Bentuknya sangat sempurna dan persis sekali dengan mulut ATM yang asli.

Dia kemudian berpindah ke ATM yang sama di sebelahnya dan mengulangi aksinya dengan menarik mulut ATM tersebut. Ternyata mulut ATM yang satu ini tidak bisa dilepas meski ditarik-tarik beberapa kali. Ini menandakan tidak ada alat skimmer yang dipasang di ATM tersebut.

Pemasangan alat skimmer ini membuktikan kejahatan pencurian uang melalui ATM bisa terjadi di mana saja, termasuk di negara yang notabene maju dan kaya.***
Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww