Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Seekor Gajah Kehilangan Kaki Kanan Karena Ledakan di Ladang Tambang, Gajah Ini Pun Terpaksa Pakai Kaki Palsu

Seekor Gajah Kehilangan Kaki Kanan Karena Ledakan di Ladang Tambang, Gajah Ini Pun Terpaksa Pakai Kaki Palsu
Mosha memakai kaki palsu
Selasa, 05 Juli 2016 10:01 WIB
JAKARTA - Dampak perkembangan teknologi bukan hanya dirasakan oleh manusia, tapi juga hewan atau binatang. Dan itu dirasakan oleh seekor gajah bernama Mosha.Karena kehilangan kaki kananya akibat sebuah ledakan di lahan tambang, akhirnya gajah ini terpaksa memakaikaki palsu agar bisa berjalan meskipun tidak sempurna. Dan ini adalah gajah pertama yang menerima bantuan kaki palsu.

Dilansir pada laman Science Alert, baru-baru ini, kaki palsu itu didesain Therdchai Jivacate, seorang ahli bedah yang mendesain kaki palsu untuk manusia dan hewan di Thailand.

''Ketika saya melihat Mosha, saya melihat belalainya harus tetap menjulur ke atas untuk membantunya berjalan dengan baik,'' ujar Jivacate kepada Motherboard.

Ads
Saat itulah Jivacate langsung tertantang membuat kaki palsu untuk Mosha. Meski terkendala sulitnya mendesain dan permasalahan biomekanik, akhirnya sang penyelamat itu mampu memberikan kaki palsu seberat 15 kilogram untuk Mosha yang terbuat dari campuran bahan termoplastik, baja, dan elastomer.

Setelah enam tahun, Mosha yang sudah berjalan menggunakan sembilan kaki palsu yang dapat mengatasi masalah berat dan ukurannya. Saat ini, sang dokter bedah tersebut sedang berusaha merancang desain kaki palsu yang lebih sempurna dengan bahan-bahan yang lebih tahan lama.***

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : SerbaSerbi
www www