Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Deretan Panjang Objek Wisata Menakjubkan di Aceh Tamiang

Minggu, 03 Juli 2016 09:34 WIB
Penulis: Suparmin

KUALASIMPANG - Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, terkenal dengan kekayaan objek wisata alamnya. Meskipun minim perhatian Pemerintah, namun objek wisata ini tetap ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah maupun lokal.

Untuk menghabiskan masa liburan, banyak tawaran objek wisata alam yang dapat kita kunjungi bersama segenap keluarga secara gratis di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia itu.

Keindahan panorama alam yang masih natural akan menghilangkan rasa kepenatan kita. Objek wisata alam tersebut dapat kita temukan di sejumlah Kecamatan dengan beragam pesona yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Bagi Anda pencinta wisata alam, di Kecamatan Tenggulun, Desa Selamat terdapat Gua Pintu Kuari, Gua Pintu Angin (Gua Batu Dinding), Air Terjun Tujuh Tingkat, pemandian alam Gunung Pandan, pemandian Dam Kampung Selamat dan pemandian air panas Simpang Paku.

Ads
Sementara di Desa Tenggulun ada pemandian alam Dam Sungai Rengas yang terkenal dengan airnya yang sangat jernih dan dingin. Kuburan panjang keramat Datok Sungai Rambe juga bisa dijumpai di Dusun Sungai Rambe Desa Tenggulun, kuburan panjang di ujung jembatan Kermal Desa Simpang Kiri dan Air Terjun Kampung Bandung juga bisa dikunjungi di Desa Bandung Jaya Kecamatan Manyak Payed.

Lokasi pemandian alam Kuala Paret juga dapat dikunjungi di Kecamatan Tamiang Hulu. Di daerah itu juga terdapat kawasan bentang alam Karst di Desa Kaloy dengan gua terpanjang dan terbesar di Aceh dan di bawahnya mengalir arus sungai.

Sekadar informasi, keberadaan gua itu sebagi kantong (waduk) persediaan air yang sangat besar tersebut belum dikelola dengan baik dan bahkan terancam musnah karena di lokasi itu bakal didirikan pabrik semen.

Lalu, di Kecamatan Bandar Pusaka juga ditemukan Air Terjun Sangka Pane, di Kecamatan Seruway ada wisata bahari yakni Pantai Ketapang, Pantai Pusong Cium dan Pantai Ujung Tamiang, Pantai Pusong Putus, dan wisata sejarah yakni Istana Raja Seruway.

Di Kecamatan Bendahara juga terdapat hamparan panjang pasir putih Pantai Ketapang. Sedangkan Bukit Kerang berada di Desa Masjid, dan kuburan sepanjang tujuh meter yakni Keramat Tengku Tinggi di Desa Tengku Tinggi.

Bila ingin mengunjungi Istana Raja Karang yang kini dijadikan museum terdapat di Kecamatan Karang Baru. Museum tersebut merupakan museum terbesar kedua di Aceh setelah museum Banda Aceh.

Di Karang Baru juga banyak ditemukan lokasi wisata peninggalan masa kerajaan, seperti makam raja-raja dan keturunannya serta masjidnya. Istana Raja lainnya juga dapat dikunjungi yaitu Istana Raja Benua di Desa Benua Raja Kecamatan Rantau.

Di Desa Mesjid Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, ditemukan bukit yang isinya berupa kulit kerang.

Sementara di Kecamatan Kejuruan Muda, tepatnya di Desa Tanjung Mancang, di tengah-tengah persawahan ada sebuah bukit yang keseluruhan isinya berupa kulit remis (sejenis kerang kecil yang hidup di air tawar). Di bukit tersebut telah ditemukan peninggalan semasa zaman batu berupa beberapa fosil, seperti kapak batu dan lain lain.

Editor : Kamal Usandi
Kategori : SerbaSerbi
www www