Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Sepanjang 2016, Turki 7 Kali Telah Dihantam Bom

Sepanjang 2016, Turki 7 Kali Telah Dihantam Bom
Ilustrasi [AFP/Getty Images]
Rabu, 29 Juni 2016 11:01 WIB
ANKARA - Serangan tiga bom bunuh diri di Bandara Istanbul Ataturk, Turki semalam yang menewaskan 36 orang menambah daftar serangan teror yang menghantam Turki. Sepanjang tahun ini, Turki sudah tujuh kali dihantam bom.12 Januari 2016
Seorang pengebom bunuh diri terkait kelompok Daesh atau ISIS beraksi di Distrik Sultanahmet, Istanbul.  Sepuluh orang tewas. Delapan korban tewas adalah wisatawan Jerman. Sebanyak 15 lainnya terluka.
 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kala itu mengatakan negaranya jadi target utama bagi semua kelompok teroris di wilayah Timur Tengah.
 
17 Februari 2016
Sebuah kendaraan militer Turki itu yang diparkir di dekat lampu merah pada jam sibuk di Ankara jadi target bom mobil yang meledak di dekatnya. Sebanyk 28 orang tewas dan 61 lainnya terluka.
 
Meskipun tidak ada organisasi teroris yang mengklaim di balik serangan itu, Pemerintah Turki sangat mencurigai pelakunya dari Partai Pekerja Kurdi (PKK).
 
”Kami akan melanjutkan perjuangan kami melawan pion yang melakukan serangan tersebut, yang tidak mengenal batas moral atau kemanusiaan, dan kekuatan di belakang mereka dengan tekad lebih setiap hari,” kata Presiden Turki Tayyip Erdogan yang menyebut pelaku pengeboman hanya “pion” dari kelompok teroris.
 
13 Maret 2016
Sedikitnya 34 orang tewas dan 125 luka-luka ketika sebuah mobil yang penuh dengan bahan peledak meledak di Ankara. Serangan ini hanya berselang beberapa hari setelah para pejabat Kedutaan Besar Amerika Serikat memperingatkan Pemerintah Turki akan adanya serangan  di Ibu Kota Ankara.
 
Ledakan itu terjadi di Kizilay Square, pusat hiburan dan komersial Turki. ”Serangan-serangan ini, yang mengancam integritas negara, persatuan dan solidaritas bangsa kita, tidak melemahkan tekad kami dalam memerangi terorisme, tapi meningkatkan tekad kami,” kata Presiden Erdogan.
 
19 Maret 2016
Lima orang tewas dan 36 luka-luka ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di Istiklal Street, dekat kantor gubernur di daerah perbelanjaan utama di Istanbul.
 
Mehmet Muezzinoglu, Menteri Kesehatan Turki, melaporkan bahwa 12 korban luka-luka adalah orang asing. Perdana Menteri Turki saat itu, Ahmet Davutoglu, menyebut serangan tersebut "tidak manusiawi".
 
27 April 2016
Seorang wanita pengebom bunuh diri berusia 25 tahun meledakkan dirinya di Kota Bursa Turki. Pengeboman itu terjadi di dekat masjis suci. Tiga belas orang terluka dalam ledakan itu, sebagian besar disebabkan oleh pecahan kaca dari jendela dari toko-toko terdekat.
 
7 Juni 2016
Sebuah bom mobil menewaskan empat warga sipil dan tujuh polisi di pusat Istanbul. Sebanyak 36 orang lainnya terluka. Sebuah bus polisi menjadi target. Bom diledakkan di persimpangan sibuk di dekat Universitas Istanbul.
 
28 Juni 2016
Sekitar 36 orang tewas dan ratusan lainnya terluka ketika dua hingga tiga bom bunuh diri menghantam Bandara Istanbul Ataturk, Turki semalam.
 
Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag, mengatakan bahwa salah satu penyebab serangan itu adalah pria yang melepaskan tembakan dengan senapan Kalashnikov kemudian meledakkan dirinya sendiri di sebuah pos pemeriksaan keamanan bandara. Pelaku lainnya juga meledakkan diri. Korban tewas kemungkinan bisa bertambah
Ads
Editor : Kamal Usandi
Sumber : sindonews.com
Kategori : SerbaSerbi
www www