Berikut Ini Tips Muslimah Berhijab Yang Turut Melindungi Lingkungan Hidup

Berikut Ini Tips Muslimah Berhijab Yang Turut Melindungi Lingkungan Hidup
ilustrasi
Selasa, 28 Juni 2016 17:43 WIB
JAKARTA - Terlalu banyak memiliki pakaian ternyata tak baik dan tak ramah lingkungan. Untuk itu, muslimah harus ikut bertanggungjawab melindungi lingkungan hidup dengan menjaga kerendahan hati. Caranya, jika berhijab, coba dech jangan terlalu banyak memiliki pakaian tidak ramah lingkungan.Berikut ini adalah lima tips berhijab sederhana, dilansir dari The Ecomuslim, yang bisa dijadikan panduan gaya sehari-hari sekaligus membantu menjaga bumi agar tetap hijau dan indah.

1. Mulailah berhemat

Islam mengajarkan kita untuk menjadi moderat dalam urusan konsumsi dan ini berlaku untuk belanja juga, sehingga tidak perlu berbelanja yang tidak benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ads
Buatlah aturan untuk tidak pernah membuang jilbab lama Anda, supaya Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli jilbab baru dan pakaian. Mulailah dengan menentukan batas belanja bulanan atau bahkan tahunan untuk diri. Apa salahnya mengunjungi toko barang bekas? Tidak selamanya yang bekas itu selalu jelek dan buruk, ini tergantung Anda dalam mencari barang-barang yang memiliki kualitas yang baik.

2. Jadilah kreatif

Jika Anda suka menciptakan hal-hal baru dan gemar berkreasi dengan melakukan 'Do It Yourself', Anda tentu bisa menggunakan jilbab lama untuk disulap hal-hal baru dan berguna seperti perabotan, bantal selimut, serbet, pakaian anak-anak, dll. Cek kembali barang-barang Anda yang sudah lama tersimpang di lemari, barangkali ada sesuatu yang bisa Anda sulap menjadi sebuah barang daur ulang yang tak kalah menarik.

3. Sumbangkan pada yang membutuhkan

Jika kalian bukan tipe orang yang kreatif, dan memiliki banyak koleksi hijab yang layak namun sudah lama tidak digunakan lagi Anda dapat mencoba memberikan hadiah kepada orang yang membutuhkan.

4. Mencuci hijab dengan cara yang benar

Cuci jilbab dengan cara yang benar sesuai kebiasaan ramah lingkungan. Cucilah jilbab dengan air dingin karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit, sehingga tidak perlu menggunakan mesin cuci untuk mencucinya. Gunakan sedikit deterjen, sampo sisa atau sabun buatan sendiri.

Jika Anda masih ingin menggunakan mesin cuci, maka ingatlah untuk mencuci berbarengan dengan cucian yang lain pada satu waktu dan Anda bisa menambahkan sejumput deterjen (sebaiknya yang ramah lingkungan) karena itu sudah lebih dari cukup untuk membersihkan jilbab Anda. Setelah Anda selesai mencuci, jangan buang energi dengan menggunakan mesin pengering, cukup gantung mereka diluar ruangan untuk pengeringan alami.

5. Bijak memilih

Sebagai hijabers yang ramah lingkungan, kita harus sangat berhati-hati ketika membuat pilihan tentang apa yang kita pakai. Ketika membeli jilbab baru, belilah jilbab yang terbuat dari bahan-bahan alami atau didaur ulang.

Kita boleh membeli jilbab yang berbeda model dan warna agar bisa dipadupandankan ketika ingin berpergian. Membeli jilbab putih memang cepat sekali kotor, tapi warna putih juga menambahkan sentuhan yang segar untuk tampilan sehinnga memberikan kesan segar dan elegan.***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww