Waspadalah, Otot Tangan Melemah Bila Sering Mengetik di Ponsel

Waspadalah, Otot Tangan Melemah Bila Sering Mengetik di Ponsel
Ilustrasi. (int)
Minggu, 26 Juni 2016 12:05 WIB
SEBAGIAN orang terpaksa menggerakkan jarinya untuk mengetikkan huruf-huruf, angka-angka dan simbol-simbol, secara rutin setiap hari di ponsel, sebagai tuntutan pekerjaan.

Meski rutinitas tersebut membuat jari kita lincah bergerak, ternyata otot tangan tak bertambah kuat. Sebaliknya, penelitian membuktikan bahwa otot tangan orang modern kini semakin lemah.

Para peneliti menganalisa data orang Amerika berusia 20-34 tahun dan membandingkan hasilnya dengan data dari partisipan tahun 1985.

Untuk mengukur kekuatan genggaman tangan, partisipan diminta meremas alat sekuat yang mereka mampu.

Ads
Tiga dekade lalu, pria berusia 20-24 tahun memiliki genggaman tangan kanan sekitar 54,8 kilogram. Di tahun 2016, hasil penelitian mengungkap penurunan dramatis, karena kekuatan genggaman tangan hanya sekitar 45,8 kilogram.

Pada partisipan perempuan, genggaman tangan juga berkurang kekuatannya, tetapi tidak berubah drastis seperti sebelumnya. Kira-kira perbedaannya hanya sekitar 4,5 kg.

Para ahli yakin penurunan kekuatan itu karena peningkatan waktu orang modern menggunakan gadget, terutama ponsel.

"Pola kerja telah berubah secara dramatis sejak 1985. Kita tak lagi bekerja di bidang agrikultur atau pertukangan. Yang kita lakukan saat ini sangat terkait dengan teknologi," kata ketua peneliti Winston-Salem.

Ini bukanlah studi pertama yang mengungkapkan efek terlalu banyak menggunakan gadget.

Penelitian lain pada anak-anak menunjukkan, anak usia pra sekolah yang terlalu sering menggunakan gadget juga lebih lemah menggenggam pensil.***
Editor:sanbas
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww