SEMARANG - Sirkuit Red Bull Ring, Austria yang akan menjadi ajang race kesembilan lomba balap mobil F1 2016 ini memang tidak asing bagi pembalap pembalap Manor Racing Rio Haryanto.  Soalnya, saat tampil pada lomba balap mobil Gp2 Series, dia juga beberapa kali tampil di sirkuit ini. Makanya dia pun berani memasang target ini saat nantinya tampil di sirkuit tersebut.

Rio Haryanto berharap saat tampil pada race kesembilan lomba balap mobil Formula Satu (F1) di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, 1-3 Juli 2016, mendapat poin pertama.

''Tentu saja harapannya lebih baik dari rekan setimnya (Pascal Wehrlein) dan mendapatkan poin,'' kata ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Sabtu (25/6/2016).

Meski sikuit itu tak asing bagi Rio, tentunya hasilnya tergantung kondisi juga. ''Semua tergantung pada kondisi mobilnya. Apakah karakter mobilnya cocok dengan sirkuit Red Bull Ring,'' kata Indah.

Pembalap berusia 23 tahun ini sudah dua kali tampil di Sirkuit Red Bull Ring Austria saat tampil pada GP2 Sries, yang pertama pada 2014 bersama tim asal Spanyol Addax Barwa dan kedua saat bergabung bersama tim Campos Racing pada 2015.

Bahkan saat bersama Campos Racing pada 2015, Rio Haryanto berhasil menjadi yang terbaik atau juara pertama pada race kedua atau sprint race dengan catatan waktu 35:57.944.

Menyinggung soal rencana keberangkatan Rio Haryanto ke Austria, dia mengatakan, Rio direncanakan berangkat ke Austria pada Senin (27/7/2016).

Usai tampil pada race kedelapan lomba balap mobil F1 di Kota Baku, Azerbaijan, Rio Haryanto kembali ke Indonesia terlebih dulu dan Senin direncanakan baru berangkat ke Austria.

Race kesembilan lomba balap mobil F1 dilaksanakan pada Ahad (3/7/2016) dimulai pukul 14.00 waktu setempat. Sirkuit Red Bull Ring ini memiliki panjang lintasan sejauh 4,326 kilometer.***