JAKARTA - Dalam mengendarai kendraan, banyak peristiwa yang dilakukan pengemudi di luar batas kewajaran. Seperti melakukan pengereman mendadak, melakukan akselerasi yang tak sesuai, kecepatan berlebih tak sesuai standar dan lainnya. Semua itu bisa diketahui dengan alat dari smartfren ini.

Menurut Senior Vice President Digital Services Smartfren, Revie Sylviana, Smartfren mendukung pengembangan produk bisnis asuransi melalui layanan Smartrek Usage Based Insurance (UBI).

Smartrek UBI merupakan perangkat yang biasanya dipasang di kendaraan-kendaraan untuk mengetahui perilaku berkendara pengemudi.

''Dengan layanan ini perilaku mengemudi yang di luar batas kewajaran dapat diketahui seperti kebiasaan berakselerasi yang tidak sesuai, melakukan pengereman mendadak, melebihi batas kecepatan yang wajar, atau waktu tempuh yang melebihi batas rata-rata. Dari alat inilah, perusahaan asuransi dapat mengumpulkan dan menganalisa perilaku berkendaraan setiap nasabah atau kliennya,'' katanya, Rabu (22/6/2016).

Smartfren juga ingin hadir untuk menciptakan inovasi yang memberikan pengalaman baru bagi pelanggan. Layanan mobile apps Smartrek UBI adalah solusi cerdas bagi pemilik kendaraan baik perusahaan maupun perseorangan yang membutuhkan solusi tracking dan fleet management.

Dengan hanya membeli Asuransi dari PT. Asuransi Simas Net, kendaraan pelanggan secara otomatis dilengkapi oleh perangkat On Board Diagnostic (OBD) GPS. Dan cukup menambah kurang lebih Rp. 600.000, pelanggan dapat menikmati seluruh fitur premium yang disediakan.

Cara kerja perangkat Smartrek yang dilengkapi dengan SIM Card Smartfren 4G LTE setelah dipasang pada port OBD di mobil sehingga perangkat merekam dan mengirimkan seluruh informasi berkenaan dengan kendaraan pelanggan seperti koordinat kendaraan, informasi kondisi mesin mobil dan kebiasaan mengemudi.

Seluruh informasi yang diterima akan disimpan di database Smartrek. Sistem Smartrek akan mengolah dan mengirimkan data sesuai dengan kebutuhan melalui data terenskripsi untuk menjamin keamanan dan API khusus bagi para pelanggan perusahaan.

''Klien atau nasabah dapat mengetahui informasi lokasi kendaraan secara realtime melalui mobile application dengan memasukkan nomor Smartfren atau nomor polis asuransinya. Sebagai tahap awal, Smartfren bekerjasama dengan Asuransi Simasnet yang akan diluncurkan pada 8 Agustus sedangkan preorder layanan sudah dibuka,'' kata Revie.***