JAKARTA - Tahun ini, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia akan meluncurkan 'kuda besi' bermesin serempat liter yang merupakan penyegaran dari CBR250R. Gimana tanggapan pihak Yamaha atas bakal munculnya rival Yamaha R25 ini?

Sepeda motor Honda yang akan diluncurkan itu diberinama CBR250RR. Rumor kuat, sepeda motor ini akan diproduksi di Indonesia, dan akan meluncur tahun ini.

Diketahui, CBR250RR merupakan “kuda besi” anyar Honda yang merupakan penyegaran dari model CBR250R sebelumnya. Dari sejumlah literasi, CBR250RR disebutkan bakal datang dengan sejumlah penyegaran berarti.

Terkait hal itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku 'tak panasan' dengan rencana Honda. Saat ini, lawan kuat yang sepadan dari Yamaha memang R25, motor sport fairing dua silinder yang telah lakon debut pada 2014 lalu.

Namun Yamaha, ditegaskan Assistant General Manager (GM) Marketing PT YIMM Mohammad Masykur, belum akan melakukan penyegaran pada R25, mengingat dibutuhkan berbagai proses ke sana. Yang pasti, kata dia, proses penyegaran pada sebuah motor tentu membutuhkan waktu tak sebentar, yakni tiga tahun untuk penyegaran total.

''Belum ada (perubahan) pada R25. Kami melakukan perubahan bukan tergantung dari kompetitor,'' kata Masykur kepada wartawan.

Meski demikian, dia mengaku untuk 'pergantian seragam' baik warna maupun striping, pihaknya selalu menggantinya setiap tahun.

''Perubahan (total) tiga tahun, tapi setiap tahun kita pasti selalu ganti striping atau pun sekadar warna. Mudah-mudahan tahun depan,'' kata Masykur lagi.

Sejauh ini, Yamaha mengaku terbuka bagi kompetitornya yang siap meluncurkan produk terbarunya, CBR250RR. ''Silakan saja (meluncurnya CBR250RR). Konsumen jadi lebih banyak pilihan,'' ujar dia.***