Ini 12 Gejala Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes

Ini 12 Gejala Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes
Ilustrasi. (int)
Rabu, 22 Juni 2016 05:02 WIB
YAYASAN Nasional di Amerika Serikat, menyatakan, 10-40 persen penderita diabetes tipe 2 akan mengalami gagal ginjal di kemudian hari. Penyakit ginjal, atau disebut juga nephropathy, adalah satu dari sekian banyak komplikasi jangka panjang dari diabetes.Kadar glukosa yang berlebihan dalam darah bisa merusak pembuluh darah yang halus dan kecil di ginjal, yang berfungsi menyaring racun dari tubuh. Akibatnya, kedua ginjal tak mampu membersihkan darah secara total dan meninggalkan material sisa, air dan garam bisa terus berada dalam tubuh.

Gagal ginjal tak terjadi sekaligus tapi berkembang secara bertahap, bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Kabar baiknya, bila terdeteksi sejak awal, gejalanya bisa cepat ditangani dan kerusakan lebih lanjut bisa diperlambat.

Ada lima tahapan dari penyakit ginjal, tergantung dari parah tidaknya kondisi. Beberapa orang tidak mengalami gejala apapun dan baru tahu setelah melakukan tes darah. Bila pasien menderita diabetes, dokter akan memeriksa tanda atau gejala penyakit ginjal dengan menggunakan sampel darah dan urine sekitar satu kali setahun.

Ads
Tes darah dan urine itu dilakukan secara rutin. Andaikan ada gejala dari penyakit ginjal, hal itu bisa disebabkan oleh tumpukan sisa material atau air dalam tubuh, atau bisa juga karena anemia.

Berikut ini gejala penyakit ginjal pada penderita diabetes:

1. Pembengkakan atau edema di wilayah kaki, bisa juga di mata dan perut

2. Masalah buang air kecil -- bisa sulit buang air kecil atau terlalu sering, kadang diiringi rasa sakit. Warna urine keruh, gelap, atau berdarah

3. Kehilangan nafsu makan daging sehingga kekurangan protein

4. Gampang capek, sangat lelah, tak bisa berkonsentrasi

5. Keinginan mengunyah yang aneh-aneh, seperti batu es atau tanah

6. Tersengal-sengal atau sesak napas

7. Kehilangan nafsu makan atau ada rasa metal dalam mulut

8. Mual atau muntah

9. Tak bisa menjaga tubuh tetap hangat

10. Tekanan darah tinggi

11. Gatal-gatal atau ruam-ruam

12. Pegal-pegal, terutama di sekitar kaki dan punggung, serta di sekitar ginjal.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww