Nenek Usia 80 Tahun Tetap Bugar dan Berotot, Ini Rahasianya

Nenek Usia 80 Tahun Tetap Bugar dan Berotot, Ini Rahasianya
Ernestine Shepherd. (detik.com)
Selasa, 21 Juni 2016 21:03 WIB
BALTIMORE - Pada 16 Juni lalu, Ernestine Shepherd, wanita asal Baltimore, AS, ini genap berusia 80 tahun. Namun di usianya yang sudah sangat senja, Ernestine memiliki fisik yang berbeda dari wanita seusianya. Otot-otot tampak menggurat tegas di tubuhnya.

Bukan tanpa alasan, karena ia adalah seorang binaragawati profesional. Tidak heran jika Guinness Book of World Records menobatkannya sebagai binaragawati tertua di dunia pada 2010 lalu.

Bertepatan dengan hari jadinya, Ernestine pun berjanji untuk tidak pernah menyerah berolahraga dan melakoni gaya hidup sehat meski usianya semakin menua. "Hari ini, usiaku 80 tahun. Aku bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi umur baru. Aku masih bersemangat, termotivasi, dan disiplin untuk tetap bugar," tulis wanita keturunan Afrika-Amerika itu di Facebook. Posting-an tersebut lantas mendapatkan 18.000 likes.

Anda keliru jika berpikir Ernestine sudah mulai menjaga kebugaran dan membentuk fisiknya sejak usia muda. Semuanya justru bermula ketika ia berusia 56 tahun. Transformasi tersebut dipicu oleh rasa duka yang menyelimuti perasaan Ernestine setelah kakaknya wafat karena penyakit otak.

Ads
Pengalaman itu lantas memotivasinya untuk mulai melakoni gaya hidup sehat sebagai bentuk penghormatan kepada kakaknya. Bagi Ernestine Shepherd, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Dalam buku terbarunya, The "Ageless" Journey of Ernestine Shepherd, Ernestine berbagi kiat dan rahasia suksesnya menjalani hidup sehat di usia senja.

Salah satu kunci terpenting menurutnya adalah menanamkan persepesi bahwa usia hanyalah angka. Jadi, usia seharusnya tidak menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin melakukan perubahan pada fisiknya.

Di samping itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat. Ernestine sendiri membatasi asupan kalorinya hingga 1.700 kalori dengan pilihan menu yang terdiri dari putih telur, ayam, dan sayuran.

Jangan lupa pula untuk berolahraga secara rutin. Selain angkat beban, lari menjadi olahraga pilihan Ernestine. Minimal ia berlari 10 km setiap harinya di pagi buta. Pilih olahraga yang Anda suka dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan. Lalu temukan sesuatu yang memotivasi Anda. Ernstine pribadi menemukannya saat berdoa.***
Editor:sanbas
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww