Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Apa Beda Spooring dengan Balancing? Ini Penjelasannya

Apa Beda Spooring dengan Balancing? Ini Penjelasannya
Ilustrasi. (viva)
Selasa, 21 Juni 2016 19:03 WIB
JAKARTA - Guna menunjang performa mobil dan kenyamanan dalam berkendara perlu dilakukan spooring dan balancing.Menurunnya kenyamanan dalam berkendara diakibatkan bergetarnya roda dan kaki-kaki mobil yang tentu saja akan mempengaruhi performa mobil.

Untuk mengatasi kondisi seperti demikian, spooring dan balancing menjadi solusinya. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengenal dua istilah tersebut. Agar tidak tertukar tentunya.

Menurut Alvan, supervisor bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, spooring adalah proses pelurusan kaki-kaki roda mobil yang disesuaikan dengan kondisi ban dan bodi mobil.

Ads
"Spooring tujuannya untuk meluruskan ban mobil dan mengantisipasi ban mobil tidak termakan sebelah. Dengan adanya spooring dapat menyeimbangkan kedua roda tersebut," kata Alvan kepada VIVA.co.id, Selasa, 21 Juni 2016.

Sedangkan balancing, tujuannya adalah berusaha menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. "Balancing, tujuanya mengatasi getaran pada kecepatan tertentu," kata dia.

Ia menjelaskan alasan kenapa mobil harus di spooring dan balancing dikarenakan mobil sering menghantam lobang di jalanan. Spooring serta balancing tersebut dapat menunjang kenyamanan bermobil.

"Misal di kecepatan 90-100 km/jam getar, harus dibalancing. Semua mobil memiliki perbedaan karakter. Tergantung penggunaanya, dengan seringnya mobil kena jalanan rusak, akibatnya kaki-kaki mobil tidak seimbang dan kenyamanan berkendara terganggu. Makanya perlu spooring and balancing," ujarnya.***

Editor : sanbas
Sumber : viva.co.id
Kategori : SerbaSerbi
www www