Jangan Tambal Ban Jika Bocor di Samping, Ini Alasannya

Jangan Tambal Ban Jika Bocor di Samping, Ini Alasannya
Ilustrasi ban mobil kempes. (viva)
Senin, 20 Juni 2016 13:06 WIB
JAKARTA- Bila ban dalam mobil Anda bocor di bagian samping, sebaiknya jangan lagi ditambal. Langsung saja diganti dengan yang baru.

Dilansir situs resmi Toyota, Senin, 20 Juni 2016, menambal dinding ban yang bocor sangat berisiko. Hal itu sangat beralasan, karena di dalam dinding ban terdapat lapisan yang menahan bentuk ban. Apabila sekadar bocor halus, tentu masih memungkinkan untuk ditambal. Akan tetapi, apabila sudah merusak struktur di dalamnya, sangat tidak disarankan untuk melakukan penambalan dinding ban.

Menambal dinding ban yang bocor berbahaya karena tambalan tersebut sudah tidak didukung struktur lagi. Dalam jangka waktu yang tak lama, tambalan tersebut bisa saja robek kembali karena tidak kuat menahan tekanan udara yang berusaha keluar.

Jadi ada baiknya, melakukan penggantian dengan ban baru ketimbang mengambil risiko besar yang bisa menyebabkan celaka. Menambal hanya dianjurkan jika dalam keadaan darurat, namun tetap dibutuhkan kehati-hatian dalam mengemudi. Segera langsung ganti ban baru apabila kondisi darurat sudah lewat.***
Ads
Editor:sanbas
Sumber:viva.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww