Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Ingin Hindari Kanker Prostat? Rajinlah Konsumsi Makanan Jenis Ini

Ingin Hindari Kanker Prostat? Rajinlah Konsumsi Makanan Jenis Ini
Ilustrasi kacang-kacangan. (int)
Sabtu, 18 Juni 2016 13:56 WIB
JAKARTA - Belakangan ini semakin banyak pria menderita kanker prostat, yang merupakan salah satu jenis kanker mematikan. Namun kini peneliti mengungkapkan ada jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko tersebut.

Studi yang dilakukan oleh Ying Bao dari Brigham and Women's Hospital, Boston, menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Bahkan bagi mereka yang sudah didiagnosis dengan penyakit tersebut, kacang membantu mengurangi tingkat keparahannya.

Seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (18/6/2016), penelitian Bao dan rekan-rekannya menemukan bahwa pria yang mengonsumsi kacang lima kali atau lebih dalam seminggu memiliki 34 persen penurunan risiko kematian akibat kanker prostat. Hal ini didapat setelah dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi kacang kurang dari sekali per bulan.

"Bahkan mengonsumsi 1,5 ons kacang per hari (sekitar 1/3 cangkir) sudah memberikan dampak positif pada kesehatan," ungkap Maureen Ternus, dari International Tree Nut Council Nutrition Research & Education Foundation.

Ads
Tak melulu kacang tanah, jenis kacang lain seperti almond, cashew, kacang mete, hazelnut, pistachio dan walnut juga memberikan dampak positif yang serupa.

Selain kanker prostat, kacang-kacangan juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, serta penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kacang-kacangan diketahui mengandung nutrisi penting seperti lemak tak jenuh, protein kualitas tinggi, vitamin, dan mineral yang memiliki sifat anti karsinogenik, anti-inflamasi dan antioksidan.

"Studi ini menambah informasi penting bahwa kacang juga sebaiknya ditambahkan dalam menu diet sehat sehari-hari, baik bagi pria maupun wanita," ungkap Ternus.

Studi ini telah dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.***
Editor : sanbas
Sumber : detik.com
Kategori : SerbaSerbi
www www