Kalemdikpol Komjen Syafruddin: Saya Sudah Lama Dambakan Tito Jadi Kapolri, karena . . . .

Kalemdikpol Komjen Syafruddin: Saya Sudah Lama Dambakan Tito Jadi Kapolri, karena . . . .
Komjen Syafruddin. (kompas.com)
Kamis, 16 Juni 2016 10:38 WIB
JAKARTA - Komisaris Jenderal Syafruddin mengaku sangat mendukung juniornya, Komisaris Jenderal Tito Karnavian menjabat Kepala Polri selanjutnya menggantikan Jenderal Badrodin Haiti.Syafruddin yang kini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) mengungkapkan, begitu nama Tito Karnavian diumumkan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri, tak lama kemudian Tito mendatangi dirinya di kantor.

"Begitu nama Tito diumumkan sebagai Kapolri dia datang ke ruangan saya. Saya langsung hormat. Dia akan jadi Kapolri," ujar Syafruddin kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2016).

"Saya mendambakan dia jadi Kapolri itu sudah lama," lanjut dia.

Ads
Hormat kepada Tito tidak berat meskipun Tito terpaut dua angkatan di bawahnya. Sebab, Syafruddin yang merupakan mantan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu sudah mengenal Tito sejak berpangkat Letnan Dua (Inspektur Dua Polisi).

Saat itu, Syafruddin dan Tito masih bertugas di Polda Metro Jaya. Syafruddin mengenal betul bagaimana Tito menjalankan tugasnya dengan baik. Tito disebut sebagai junior yang cerdas.

"Di mata saya, Tito adalah junior yang sangat humble dan intelektual. Sangat cocok untuk memimpin Polri," ujar dia.

Syafruddin mengaku, tidak sabar melihat Tito segera dilantik dan memimpin Polri yang dinilainya semakin hari semakin profesional.

"Oleh sebab itu, dia akan saya dukung, saya back up. Saya sangat mengapresiasi dia," lanjut Syafruddin.

Tito ditunjuk Presiden sebagai calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada Juli 2016.

Rencananya, Kamis (16/6/2016) esok, pimpinan DPR akan melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi.

Pimpinan DPR juga akan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan pencalonan Tito sebagai Kapolri.

Sementara, Komisi III DPR RI akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Tito pada Rabu (22/6/2016) pekan depan.***

Editor:sanbas
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww