WUDHU merupakan syarat sah salat. Secara istilah wudhu adalah membersihkan beberapa anggota bagian tubuh dari kotoran.

Selain untuk ibadah, wudhu juga baik dilakukan sebelum tidur. Wudhu sebelum tidur termasuk sunnah Rasulullah. Karena hal itu bertujuan agar setiap orang muslim dalam kondisi suci pada keadaan apa pun.

Sehingga jika ajal menjemput, maka kembali ke hadapan Allah dalam keadaan suci. Dikutip dari buku Rahasia Butiran Air Wudhu: Menurut Al Quran dan As Sunnah, karya Mukhsin Matheer mengatakan, sunnah ini pun akan mengarahkan kepada mimpi baik dan terjauhkan diri dari permainan setan yang selalu mengincarnya.

Diriwayatkan dari sahabat Al Barra bin Azib, Rasulullah bersabda, "Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk salat". (HR Bukhari Muslim).

Tak hanya itu, orang yang berwudhu sebelum tidur akan didoakan malaikat. Diriwayatkan Abdullah bin Umar, Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci',". (HR Ibn Hibban).

Dengan begitu, sebagai umat Islam hendaknya meneladani sunnah Rasul tersebut. Agar selalu terjaga kesucian sehingga dijaga oleh para malaikat saat tidur.***