LONDON - Makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat berpengaruh kepada kesehatan, dan tentunya usia. Tak heran, pola makan pun diatur sedemikian rupa. Seperti kebiasaan yang dilakukan Elizaberth II. Di usianya yang ke-90 tahun, Ratu Inggris ini masih terlihat segar dan langsing. Inilah rahasianya.. Menurut mantan juru masak pribadi Ratu Elizabeth II dan juga Putri Diana, Darren McGrady, salah satu rahasia kebugaran tubuh Ratu Elizabeth II ialah disiplin menerapkan pola makan yang sehat.

Darren McGrady mengatakan sang ratu sangat disiplin dalam menjaga pola hidupnya, khususnya dalam hal makanan. Saat sedang menjamu tamu, lanjut Chef McGrady, Ratu Elizabeth II mungkin akan terlihat menyantap halibut, mousse lobster dan saus champagne. Tapi di hari-hari lainnya, Ratu Elizabeth II sangat disiplin menjaga makanan yang ia santap.

''Akan tetapi pada hari-hari setelahnya, dia makan makanan sehat,'' ungkap Chef McGrady seperti dilansir IB Times.

Salah satu pola makan sehat yang diterapkan Ratu Elizabeth II ialah mengurangi asupan karbohidrat. Dalam hal ini, Ratu Elizabeth II menghindari berbagai sumber karbohidrat tepung
seperti roti, kentang, nasi hingga pasta dalam menu makanannya.

Ketika mengonsumsi ikan pun, pilihan menu Ratu Elizabeth II jatuh pada salmon panggang dan sejenisnya yang menyehatkan. Sedangkan untuk masakan dari daging, Ratu Elizabeth II lebih
memilih masakan dengan daging hewan buruan seperti steak rusa atau burung pegar yang merupakan sumber protein luar biasa.

Ratu Elizabeth II pun, tambah Chef McGrady, kerap menjadikan sayuran dan salad sebagai pendamping hidangan utama makanannya. Di samping itu, sang Ratu menjadikan buah-buahan segar sebagai pengganti pudding untuk hidangan penutup.

Di sisi lain, Ratu Elizabeth II juga sangat menggemari coklat. Akan tetapi karena tingkat kedisiplinannya tinggi, Ratu Elizabeth II tidak akan menyantap coklat secara berlebihan.
Selain itu pilihan coklat yang disukai oleh Ratu Elizabeth II ialah coklat hitam yang notabenenya menyehatkan.

''Beliau sangat suka Benedicks Bittermints (coklat hitam). Es krim cokelat dan Benedicks Bittermints merupakan makanan yang akan dinikmati sang ratu,'' jelas Chef McGrady.***