BOGOR - Nama menunya sangat aneh, bakso setan. Namun, ada keanehan lain di warung bakso milik Deni Bahtiar yang berlokasi di Jalan Raya Ciawi, Bogor ini. Deni menggratiskan bakso bagi mau membaca ayat suci Alquran.

Namun, Deni membedakan ayat suci yang akan dibacakan oleh pembeli anak dan dewasa. Bacaannya pun dia yang menentukannya.

"Kalau orang itu kelihatan fasih baca Alquran, saya kasih surat yang tidak umum, tapi cukup baca 5-7 ayat saja. Kalau biasa saja ya dikasih surat-surat pendek dan yang umum didengar," kata Deni, Kamis 9 Juni 2016.

Deni menceritakan, konsep menggratiskan pembelinya jika membaca ayat suci Alquran ini dilakukan supaya masyarakat giat membaca Alquran. Dia mengaku tidak takut rugi jika menggratiskan dagangannya.

"Harapannya tetap sukses dunia dan sukses akhirat. Toh, sekenyangnya makan bakso tidak lebih dari semangkuk. Dia makan setelah baca Alquran kan jadi ibadah," jelas bapak dua anak ini.

Deni tidak membatasi jumlah orang yang datang dan gratis makan bakso setan setelah membaca Alquran. Baginya semakin banyak yang datang akan lebih baik karena memang berniat untuk membuat masyarakat kembali giat membaca Alquran.

Deni menganggap bahwa saat ini masyarakat yang membaca Alquran sangat jarang. "Siapa saja boleh ke sini. Saya tidak membatasi. Biasanya yang ke sini mulai anak SD sampai orang dewasa," terang dia.

Dia menjelaskan, dinamakan bakso setan karena ada bakso buatannya berisi cabe dan rasanya pedas. Tidak ada kaitannya dengan mistis.

"Memang terkesan seram, tapi nama ini supaya orang biar tertarik," kata Deni. ***