MONTREAL - Felipe Massa mengalami kecelakaan pada latihan bebas pertama GP Kanada di sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Jumat (10/6). Dan ternyata, menurut tim Williams, inilah penyebabnya.


DRS atau Drag Reduction System adalah bentuk kerja dari bagian mobil yang diatur oleh pembalap yang bertujuan untuk mengurangi hambatan aerodinamis, buat meningkatkan kecepatan dan membantu dalam menyalip pembalap di depannya.

Adanya di sayap belakang mobil yang dapat disetel, bergerak membuka dan menutup melalui perintah pembalap. Pemakaian DRS diatur dalam balapan.

DRS dapat diaktifkan, saat mobil mengejar pembalap di depannya, harus berada dalam satu detik. Tetapi dalam latihan bisa digunakan seperlunya.

Nah, tim Williams telah mengkonfirmasi, kecelakaan yang dialami Felipe Massa di tikungan pertama pada sesi latihan pertama, karena mobil FW38-nya yang dikendarainya mengalami masalah pada DRS.

Mengerem di tikungan pertama, bagian belakang mobil Massa oleng dan ia kehilangan kendali. Mobilnya berputar mundur dan berhenti setelah menabrak dinding pembatas sirkuit dari 
tumpukan ban.

Bagian belakang mobilnya rusak parah. Untungnya pembalap Brasil itu baik-baik saja dan bisa keluar dari mobilnya dengan lancar.

Setelah diselidiki, sebelum latihan sesi berakhir, tim Williams menegaskan bahwa masalah DRS telah menyebabkan kecelakaan itu. Sistem gagal menutup dengan benar pada mobil Massa. Hal ini mengakibatkan kurangnya downforce saat dilakukan pengereman.

Kerusakan mobil memaksa Felipe Massa duduk selama sisa latihan pertama. Di akhir latihan, namanya masih tercantum di peringkat 14 tercepat.***