LOUISVILLE - Jasad legenda tinju dunia Muhammad Ali kini sudah dimakamkan di kompleks pemakaman Cave Hill, Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, Jumat (10/6/2016) waktu setempat.

Menurut juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell, pusara Ali akan dibuat sederhana. Batu nisan hanya akan bertuliskan 'ALI'. Bob menyatakan, Ali telah mewasiatkan kepada keluarga agar dimakamkan sesuai tata cara Islam. Mantan juara tinju pada Olimpiade 1960 itu telah memilih sendiri kompleks pemakaman di Cave Hill sebagai tempat peristirahatan terakhirnya sekitar satu dekade lalu. Bahkan, Ali berkeliling sendiri mencari lokasi pemakamannya.

Pihak keluarga tidak memberi izin masyarakat masuk ke areal pemakaman. Prosesi pemakaman petinju bermulut besar itu tertutup untuk umum dan media. Hanya kerabat dan orang-orang terdekat Ali yang bisa melihat secara langsung proses penguburan Ali.

Selain tulisan 'ALI' nantinya juga terdapat kutipan pejuang kemanusiaan dan pemimpin pergerakan hak sipil untuk warga Afro-Amerika. Kutipan itu tidak begitu terkenal, tapi bagi Ali sangat berarti. Berikut ini bunyinya:

I tried to love somebody. I did try to feed the hungry. I did try, in my life, to clothe those who were naked. I want you to say that I tried to love and serve humanity.

(Saya mencoba mencintai seseorang. Saya sudah mencoba memberi makan pada mereka yang kelaparan. Saya sudah mencoba, ketika masih hidup, memakaikan baju kepada siapapun yang telanjang. Saya ingin Anda mengatakan, saya mencoba mencintai dan melayani sesama manusia)

Cave Hill kompleks pemakaman tua dan bersejarah di Louisville yang diperuntukkan bagi tentara dan pahlawan Amerika Serikat. Kompleks ini mulai dibangun pada awal abad ke-19. Areal ini termasuk dalam daftar tempat bersejarah nasional Amerika Serikat seluas 120 hektare.

Menurut pihak keluarga seperti disampaikan Gunnel, Ali berharap agar bisa dimakamkan di tempat kelahirannya, Louisville. Kota ini menjadi titik nol perjalanan panjang Ali menjadi petinju kondang. Louisville tempat pertama Ali belajar bertinju kepada seorang Polisi.

"Pihak keluarga sudah memilih titik ini. Keluarga bisa menguburkan dengan tenang dan bisa berziarah ke kuburan ini di masa mendatang," ujar Gunnel sebagaimana dilansir dari Daily Mirror.

Beberapa tokoh penting di Louisville  dikubur di kompleks pemakaman ini. Salah satunya, Kolonel Sanders, pendiri restoran cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC) yang meninggal pada 1980. Selain Kolonel Sanders, pendiri negara bagian Kentucky, mendiang George Rogers Clark juga beristirahat dengan tenang di Cave Hill.

Olahragawan selain Ali yang dimakamkan di Cave Hill adalah Derek E Smith, pemain basket Boston Celtic. Dia meninggal pada 1996 setelah terkena serangan jantung. Pusara Smith mudah dikenali karena terdapat lukisan besarnya lengkap dengan pahatan nama di batu nisannya.***