RIYADH - Mufti Agung Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz Al Sheikh, yang memimpin Dewan Ulama Senior mendesak para Muslim yang sering menjalankan umrah, untuk tidak masuk lagi ke Makkah. Desakan ini untuk memberikan kesempatan bagi para jamaah yang belum pernah berumrah.

Al Sheikh mengatakan ada kemungkinan penolakan dari para jamaah yang ingin menjalankan umrah meski lebih dari dua kali. Terkait hal itu, Al Sheikh menyebut ada kemungkinan ibadah mereka tidak akan dihargai.

"Jika Anda telah melaksanakan umrah sekali atau dua kali, kemudian bersyukur kepada Allah atas berkah yang Dia berikan, sehingga Anda bisa tawaf dan salat di Masjidil Haram," ujar Al Sheikh.

Tetapi dengan menjalankan umrah kembali, ujar Al Sheikh, ini akan menimbulkan kepadatan dan menghalangi orang lain untuk menjalankan kesempatan umrah.

"Jadi, sebaiknya kooperatif dan membantu saudara seiman," ucap dia.

Pernyataan ini disampaikan Al Sheikh menyusul perintah Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman kepada para pejabat, untuk memberikan fasilitas akses pada jemaah melalui perluasan Masjidil Haram.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan lantai dirancang khusus untuk kaum jompo dan pengguna kursi roda untuk beribadah. Juga pada terowongan yang memudahkan masuk dan keluar dari Masjidil Haram. Hal itu membuat Masjidil Haram terasa sesak. ***