Tausiyah Ramadan

Urgensi Sholat Berjamaah Bagi Umat Islam

Urgensi Sholat Berjamaah Bagi Umat Islam
Ustadz Muhadar AR, STH
Jum'at, 10 Juni 2016 12:35 WIB
Penulis: Arif

Ustadz Muhadar AR, STH

Salah satu sifat dan mulianya Rasulullah SAW adalah pribadi yang senantiasa menjaga shalat berjamaah. Maka oleh karena itu, jika kita sudah mengaku diri sebagai umat nabi Muhammad SAW, maka ada ciri-ciri yang ingin dilihat dari diri kita, diantaranya adalah menjaga shalat lima waktu berjamaah. 

Dalam nas, Al-quran dan hadis-hadis rasullullah SAW, begitu banyak dalil yang mengungkapkan urgensi pentingnya sholat berjamaah. Diantaranya adalah dalam surat al baqarah ayat 43.

"Wahai sekalian hamba Allah, hendaklah kalian melakukan shalat. Mendirikan shalat. Menunaikan zakat. Hendaklah kalian rukuk bersama orang-orang yang rukuk". Ternyata shalat lima waktu yang dikerjakan oleh seorang laki-laki itu wajib berjamaah.

Firman Allah dalam surat An-nisa. "Dalam kondisi perperangan saja, Allah menyuruh hambanya Rasulullah dan para sahabat untuk melakukan shalat berjamaah". Bagaimana dalam kondisi tidak perang, namun kondisi nyaman, unsur yang syar'i. Apakah boleh laki-laki meninggalkan shalat berjamaah? Tentu tidak boleh.

Mungkin sebagian orang bertanya, apasih keuntukngan shalat berjamaah, kenapa harus shalat berjamaah. Pertama ada di dalam dalil, ayat, dan hadis-hadis Rasullullah, kecuali yang perempuan tidak wajib berjamaah.

Apa keuntungan yang dia dapat, masyaallah. Dalam surat An-Nur Allah berfirman. "Dan jika taat kepadanya niscahya kamu akan mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah SWT" ini keuntungan yang pertama.

Dalam surat Al-Mukminun ayat satu. "Mereka adalah orang-orang yang khuyuk dalam shalatnya" dalam artian mereka berjamaah tidak sendiri dan  selanjutnya dalam ayat-ayat yang lain, "mereka yang menjaga shalat tepat waktu dan berjamaah" mereka itu beruntung karena mereka seolah-oleh memiliki rumah kemudian ada sungai di depan rumahnya. Dimana setiap waktu mereka shalat, maka seolah-oleh mereka sudah mandi di sungai di depan rumahnya itu.

Dalam sebuah hadis rasul bersabda. "Tidaklah orang yang menuju tempat shalat, beruduk dengan sempurna saat dia shalat dia mengerti apa yang dia baca, khuyuk saat dia rukuk maka Allah mendatangkan dosa-dosanya, saat dia sujud maka bergugurlah dosa-dosanya, saat dia mengucapkan shalat maka dia menjadi orang yang terampuni". 

Note: Anda bisa mengikuti tausiyah Ramadan ini secara lengkap di Lhokseumawe TV setiap hari pukul 17.00 WIB, dengan beragam tema.

Ads
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww