Jangan Lakukan Ini Ketika Anda Membuat Roti, Nanti Adonan Tak Mengembang

Jangan Lakukan Ini Ketika Anda Membuat Roti, Nanti Adonan Tak Mengembang
ilustrasi
Rabu, 08 Juni 2016 17:34 WIB

SERPONG - Jelang lebaran, kaum ibu biasanya akan sibuk membuat kue atau roti untuk dihidangkan di hadapan keluarga dan tamu saat hari yang fitri nanti. Tapi tak jarang, kue atau roti yang dibuat selalu gagal karena adonan tak kunjung mengembang. Makanya, ketika Anda membuat roti, jangan lakukan hal seperti ini.

Seperti diketahui, ragi adalah salah satu bahan campuran utama dalam pembuatan roti. Tanpa tambahan ragi, adonan roti dipastikan tidak akan mengembang. Namun kalau ceroboh saat mencampur bahan, ragi bisa tak berfungsi sama sekali sehingga adonan juga tak akan mengembang.

Kesalahan yang patut dihindari di sini adalah jangan sampai mencampur ragi dengan garam. Karena dua bahan tersebut akan bereaksi negatif satu sama lainnya.

Kepala pengajar Bogasari Baking Center (BBC), Chef Chairil Ichwan mengatakan reaksi garam pada ragi, bisa mematikan fungsi ragi.

Ads
''Ingat, saat membuat adonan roti, garam dan butter dimasukkan paling terakhir, jangan dicampur,'' jelas Chef Ichwan di kelas memasak khusus wartawan, di Serpong akhir pekan ini.

Meski termasuk bahan kering, dia mewanti-wanti agar ragi tidak dicampur bersamaan dengan bahan kering lainnya. Nah, jika ingin mencoba membuat sendiri roti, berikut ini resep roti manis dari BBC:

Roti Manis

Bahan: 800 gram terigu cakra kembar, 200 gram terigu segitiga biru, 20 gram ragi instan, 410 gram air, 220 gram gula pasir, 15 gram garam, 40 gram susu bubuk, 180 margarin, 3 gram bread improver, 80 gram kuning telur (sekitar 4-5 butir), 50 gram telur (1 butir).

Bahan isi: 100 gram keju cheddar, 100 gram meises.

Bahan olesan: 1 butir telur, 150 ml susu cair.

Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan kering (kecuali garam). Masukkan telur dan air, aduk hinga adonan menyatu. Setelah itu masukkan butter dan garam, uleni sampai adonan kalis.

2. Istirahatkan adonan sekitar 10 menit.

3. Bagi adonan dengan berat timbangan 60 gram lalu bulatkan.

4. Istirahatkan lagi selama sekitar 10 menit.

5. Ambil satu bulatan adonan, buang gasnya dengan cara ditekan-tekan, lalu bentuk dan isi sesuai selera (bisa pakai coklat atau pakai keju).

6. Susun di loyang yang sudah diolesi mentega. Oles permukaan roti dengan kuning telur yang sudah diencerkan dengan susu cair.

7. Istirahatkan selama 90 menit hingga adonan cukup mengembang.

8. Bakar di oven dengan suhu 170 derajat Celsius selama 12 hingga 15 menit.***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:repubika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww